Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bakal Ada Tata Nano Diesel 1:40 Km/Liter! Pesaing VW Up Blue E-Motion?

billy - Senin, 7 Februari 2011 | 14:12 WIB
No caption
No credit
No caption


Delhi - Volkswagen sesumbar berniat bikin citycar dengan konsumsi BBM 1 liter 40 km, VW UP Blue E-Motion. Dari tanah India, ada Tata Motor yang juga mau bikin konsumsi Tata Nano 1 liter 40 km. Bakal bersaing?

Ini merupakan bagian dari impian Ratan Tata. Menariknya, ia tidak akan mengandalkan mesin diesel CRDi, tapi akan membuatnya sendiri berdasarkan pengembangan dari mesin diesel IDI pada Tata Ace.

Harapannya, Tata Nano diesel tersebut harus bisa diajak jalan sejauh 40 km untuk satu liter solar. Hal ini sekaligus menjawab rumor kalau Tata sedang mengembangkan mesin diesel dua silinder CRDi.

"Kami sedang mengembangkan mesin diesel dua silinder untuk Tata Nano dan akan memberikan waktu bagi kami untuk megembangkannya sendiri, demi kepuasan kami," ujar Tata Motors.

Mesin diesel ACE berkonfigurasi 2 silinder, dengan kapasitas 700 cc. Setengah blok mesinnya diambil dari Tata Indica. Mesin ini diklaim akan sangat cocok dengan kondisi lalu lintas perkotaan di India yang padat.

Keiritannya membuat biaya oprasional Tata Nano diesel bakal sangat menggoda. Bayangkan saja, dengan harga solar 40 Rupee per liter, berarti hanya butuh biaya dibawah 1 rupee untuk setiap jarak 1 km yang dilalui.

Sayangnya, sejauh ini Tata masih menyebut terlalu dini untuk membicarakan spesifikasinya, termasuk juga kapan pabrikan India ini akan merilis Tata Nano diesel irit BBM ini ke pasaran. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa