Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

VW Up Blue E-Motion, Bermesin Diesel 1 Liter 42 Km!

billy - Senin, 7 Februari 2011 | 13:38 WIB
No caption
No credit
No caption

 
Jerman – Nampaknya produsen mobil asal Jerman, Volkswagen (VW) sedang getol mengembangkan mobil berkonsumsi BBM super irit. Dari segmen citycar, VW Up Blue E-Motion muncul dengan konsumsi BBM 1:42 km/Liter.

Sebelumnya, VW mengenalkan sosok XL1 Concept yang diklaim mampu menjelajah 100 km hanya dengan 1 liter BBM. Kini, VW Up Blue E-Motion merupakan varian terbaru dari citycar Up yang telah dijual saat ini.

Di versi Up biasa VW mencangkokkan mesin diesel 1.600 cc berkonfigurasi empat silinder. Menggunakan bodi aluminium berdesain unik, Up akan lebih berat 300 kg dan memiliki angka aerodynamic drag yang lebih besar ketimbang XL1 Concept yang ramping dan berbodi carbon fiber.

Meski demikian, VW juga menyatakan akan mengaplikasi beberapa teknologi XL1 Concept Up Blue E-Motion. Diantaranya, mesin turbodiesel 800 cc twin silinder bertenaga 47 dk, yang berpadu dengan motor elektrik berdaya 26 dk.

Blok mesin aluminium yang dilapisi plasma juga dipakai di Up Blue E-Motion. Hal ini membawa dampak perpindahan sumber energy dari motor elektrik ke mesin, atau sebaliknya. Untuk transmisi, disiapkan 7-speed dual-clutch gearbox khas VW.

Namun berbeda dengan XL1 Concept, Up Blue E-Motion tak dapat bergerak dengan motor elektrik secara independen, karena motor elektrik Up Blue E-Motion hanya dapat dipakai sebagai penggerak di rpm rendah.

Asiknya, VW dijadwalkan akan merilis Up Blue E-Motion versi massal dalam waktu dekat ini. Hanya saja kapan dan berapa harga jual Up Blue E-Motion belum dirilis saat ini. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa