Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Konsumsi Listrik Nissan Leaf Setara dengan BBM 42 Km/Liter ?

billy - Rabu, 24 November 2010 | 09:38 WIB
No caption
No credit
No caption



OTOMOTIFNET
- Meski tidak menggunakan setetes pun bensin, tapi Badan Perlindungan Lingkungan, Amerika Serikat (EPA) menilai mobil listrik Nissan Leaf konsumsi listrik rata-ratanya setara dengan konsumsi BBM mobil 42 km per liter.

Biar bagaimanapun, tetap butuh bahan bakar fosil untuk menghasilkan listrik yang dikonsumsi Nissan Leaf. Dan EPA menghitung rating konsumsi listrik Nissan Leaf berdasarkan formula 33.7kW-jam listrik menjadi energi, setara dengan satu galon bensin.

Sehingga didapat hasil komposisi 45 km per liter untuk luar kota dan 39 km per liter untuk dalam kota, sebuah catatan yang tergolong sangat irit. Angka tersebut hampir dua kali lipat dari mobil paling irit sebelumnya, yakni Toyota Prius hybrid.

EPA juga mengatakan Nissan leaf bisa berjalan sejauh 117 km dengan kondisi baterai yang terisi penuh. Baterai Nissan Leaf bisa diisi selama 7 jam pada saklar listrik 240 Volt. Sementara biaya konsumsi listriknya hanya sekitar Rp 5 jutaan pertahun.

Peringkat ini memungkinkan Nissan untuk terus maju dan menyiapkan produksi Nissan Leaf, yang akan mulai dijual bulan depan. Nissan telah mengantungi 20.000 antrian pembeli yang tertarik.

Setelah melaporkan hasil untuk Nissan Leaf, pastinya semua orang akan langsung penasaran dengan hasil yang akan didapat oleh Chevrolet Volt. Mobil listrik andalan pabrikan Amerika ini memiliki mesin bensin untuk mensuplai listrik. Ratingnya akan tetap tinggi, meski mungkin tidak akan melebihi Nissan Leaf.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa