Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Inden Mobil Toyota Lebih Cepat, Avanza Kurang Dari Tiga Bulan

Editor - Senin, 11 Oktober 2010 | 17:31 WIB
Inden Mobil Toyota Lebih Cepat, Avanza Kurang Dari Tiga Bulan
Inden Mobil Toyota Lebih Cepat, Avanza Kurang Dari Tiga Bulan

OTOMOTIFNET – PT Toyota Astra Motor (TAM) yang baru saja memperoleh penghargaan Sales Satisfaction Index (SSI) dari J.D. Power. Penghargaan ini diberikan pada merek kendaraan roda empat yang mempelajari kepuasan pembelian kendaraan roda empat terhadap pengalamanan pembelian dan pengantaran kendaraaan.

Dari data yang dipaparkan J.D. Power, proses pengiriman dan wakut pengiriman kendaraan ternyata sangat mempengaruhi kepuasan konsumen.  “Proses delivery adalah proses penting. Dalam proses ini, makin cepet makin baik. Di Indonesia, 50 persen adalah pembeli baru, maka waktu tunggu kendaraan menjadi sangat penting,” jelasnya Rajeev Nair dari J.D. Power.  

Dan ternyata hal inilah yang dibenahi oleh TAM, “Kita sudah lakukan pembenahan secara bertahap pada proses pengiriman kendaraan sejak tiga tahun lalu. Selain pelayanan, yang paling utama adalah berusaha menepati janji pengiriman pada pembeli dengan tepat waktu,” buka Joko Trisanyoto, Marketing Director PT TAM.

“Lebih baik satu bulan tapi benar-benar sampai ke konsumen dari pada bilang dua minggu tapi pada kenyataanya barang belum siap dan konsumen harus menunggu,” lanjutnya. Nah, untuk benar-benar tepat waktu, PT TAM bekerja sama dengan dealer untuk terus memantau demand pasar.

“Kita terus survey tiap bulan permintaan pasar untuk selanjutnya kita mintakan unitnya ke pabrik, jadi permintaan unit bukan berdasarkan target tahunan,” jelas Jodjana Jody, Chief Executive Auto2000, main dealer terbesar Toyota di Indonesia.

“Oleh karenanya inden bisa lebih cepat, misalnya Toyota Avanza yang tadinya tiga bulan kini bisa lebih cepat. Bahkan pada kondisi tertentu, seperti warna ready stok bisa kurang dari satu bulan,” lanjut pria yang pernah menangani penjualan Lexus di Indonesia ini. “Selain itu saat pengiriman kita juga minta agar salesman ikut mengantarkan langsung ke konsumen sekaligus memberikan penjelasan seputar mobil,” lanjutnya.

Penulis/Foto:Popo/Dok OTO

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa