Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi EPS, New Terios Lebih Irit BBM 6 Persen?

Editor - Selasa, 5 Oktober 2010 | 21:05 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Pada acara peluncuran New Daihatsu Terios di Gunung Putri Bogor hari ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan, bahwa banyak kelebihan yang dimiliki oleh mobil ini ketimbang kakak kandungnya. Diantaranya yang paling memukau adalah bisa lebih irit BBM sebesar 6 persen. Hmm, pihak ADM mengklaim bahwa mobil ini mengaplikasi sistem power steering baru, yang dinamakan dengan Electronic Power Steering atau EPS.

Ah, masak sih cuma aplikasi EPS aja bisa ngirit bbm segitu besar? yup seperti itulah data yang diberikan oleh PT ADM pada konferensi pers sore hari tadi (05/10). Namun lebih lanjut Pradipto Sugondo selaku kepala pengembangan produk ADM menjelaskan, bahwa banyak yang mempengaruhi, termasuk sistem kerja EPS itu sendiri.

“Sistem EPS ini bekerja dengan cara yang unik, yaitu mengambil sumber tenaga dari kelistrikan yang dihasilkan oleh mesin. Kalau dulu power steering mengambil tenaga hidrolis yang dihasilkan oleh mesin, sehingga kerja mesin sedikit agak berat. Nah dengan memanfaatkan sumber daya listrik yang dihasilkan oleh mesin, beban kerja mesin bisa agak dikurangi, kendati porsinya cukup kecil,” jelas Pradipto.

Bukan hanya itu, beberapa aplikasi yang terdapat pada generasi terbaru Terios ini, dianggap menggenapi 6 persen kadar keiritan konsumsi bbmnya dibanding versi sebelumnya. Diantaranya adalah aplikasi kompresor AC yang lebih kecil, serta panel AC yang lebih lambat menyala, membuat kerja AC lebih ringan.

Aplikasi penahan panas dari karet busa pada kap mesin, berfungsi menahan laju udara penas yang keluar radiator ke mesin. Aplikasi sistem suspensi yang membuat beban kendaraan bisa diredam lebih bagus, juga menjadi salah satu faktor pendukung. "Untuk bagian depan, setting suspensi kami bikin lebih lunak, agar peredaman pada mesin lebih bagus, dan bagian belakang dibuat lebih linier, agar penumpang tetap merasa nyaman," imbuh Pradipto kemudian.

Jadi bukan hanya aplikasi EPS saja yang membuat mobil ini jadi leibh irit. Tapi juga gabungan dari beberapa perubahan yang dilakukan oleh PT ADM pada mobil ini.

Penulis/Foto : Uda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa