Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wow, Motor Listik Jaguar C-X75 Mampu Semburkan 780 dk!

Editor - Kamis, 30 September 2010 | 13:29 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Produsen mobil mewah asal Inggris, Jaguar akan mengenalkan supercar listrik, C-X75 di Paris Motor Show 2010 yang akan dimulai 2 Oktober mendatang. “C-X75 merupakan sebuah mahakarya Jaguar yang pantas sebagai penghormatan 75 tahun desain Jaguar,” buka Ian Callum, desainer Jaguar.

Kelebihan utama yang ditawarkan pada mobil berbodi aluminium ini terletak pada powernya yang luar biasa besarnya. Untuk ukuran mobil listrik, Jaguar C-X75 termasuk salah satu yang paling bertenaga. Bayangkan saya maksimal powernya menyentuh angka 780dk.

Power ini didapat dari empat motor listik yang terletak di masing-masing poros roda. Tiap motor listrik yang dipakai mampu menyemburkan tenaga hingga 195dk. Dengan tenaga sebesar itu, tentu kemampuan mobil ini tak perlu diragukan lagi. Untuk meraih kecepatan dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 3,4 detik saja.

Dan, hanya dengan waktu 2,3 detik mobil berpenggerak empat roda ini dapat melesat dari kecepatan 80 km/jam ke 145 km/jam. Dan untuk urusan topspeed nya, C-X75 mampu meraih kecepatan hingga 330 km/jam! Wow.

Sumber tenaganya diperoleh dari baterai lithium-ion yang dapat terisi penuh dengan waktu pengecasan enam jam dan bisa dipakai untuk berkendara hingga 109 km. Agar dapat melaju lebih jauh, maka Jaguar melengkapi C-X75 dengan dua turbin gas bertenaga 188 dk yang mampu mengisi kembali baterai tersebut. Penambahan mesin ini membuat C-X75 mampu menempuh jarak hingga 900 km. 

Sedang desain eksteriornya menonjolkan eksotisme khas supercar. Terlihat dari bentuk bodi yang aerodinamis dan berkesan sangar. Hal ini juga ditunjang dengan bentuk grill depan berbentuk lubang besar yang memberikan kesan macho dan kekar.

Tak hanya itu, desain grill ini juga mengingatkan kita akan desain grill supercar lain. Seperti Maserati GranTurismo dan Aston Martin DB9 yang terkenal di kancah balap FIA GT.

Meski berdesain sangar tetapi urusan pendinginan motor listrik yang terletak di pada keempat roda C-X75 juga tak dilupakan. Untuk itu, para desainer Jaguar membuat lubang kisi-kisi yang terletak dibagian depan dan samping, yang tentunya berfungsi sebagai penunjang aerodimika serta pendingin motor elektrik tersebut.

Penulis/ Foto: Ilham,Abed/ Jaguar

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa