Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Smart eScooter, Lari Cuma 45 km/Jam Tapi Dilengkapi Airbag Dan ABS

Iday - Kamis, 23 September 2010 | 10:16 WIB
Smart eScooter, Lari Cuma 45 km/Jam Tapi Dilengkapi Airbag Dan ABS
Smart eScooter, Lari Cuma 45 km/Jam Tapi Dilengkapi Airbag Dan ABS

OTOMOTIFNET – Belum lama, OTOMOTIFNET menampilkan gambar sketsa skuter listrik buatan Smart yang diberi nama eScooter. Eh, kini sudah ada foto-fotonya. Skuter listrik buatan Smart ini benar-benar terlihat seperti mobilnya. Kecil dan memilikin desain minimalis.

Lewat eScooter, Smart terbukti mampu menciptakan skuter listrik dengan dimensi yang sangat kompak namun tetap kaya fitur dan perangkat safety. Misalnya, keputusan menempatkan sebuah motor listrik di hub roda belakang membuat ruang bagasi di bawah jok semakin luas, totalnya dua helm bisa masuk disana.

Motor listrik ini memiliki tenaga hingga 5,5 dk yang cukup membuat skuter listrik ini berlari hingga kecepatan maksimum 45 km/jam. Dengan baterai lithium ion 28 volt yang dipakainya, eScooter mampu menjelajah hingga jarak 100 kilometer hanya dengan waktu charge 3 sampai 5 jam.

Meski cuma bisa melaju 45 km/jam, urusan keamanan jangan diragukan lagi. Smart yang bernaung di bawah raksasa otomotif asal Jerman, Daimler memilih mencontek saudara tuanya, Mercedes Benz untuk urusan safety.

Tak heran bila akhirnya perangkat combi brake dipasang, dengan perangkat ini sekali colek tuas rem, maka roda depan dan belakang akan langsung berhenti bersamaan. Lalu ada juga antilock brake system (ABS) yang memastikan pengereman akan selalu optimal dan tidak akan mengunci.

Hebohnya lagi, smart juga menyematkan sebuah airbag pada skutik pertamanya ini. Perangkat Blind Spot Assist layaknya mobil Mercedes Benz juga ada. Dengan perangkat ini, pengendara bisa mengetahui posisi kendaraan lain yang tidak terlihat di kaca spion lewat lampu peringatan yang disematkan di spion.

Selain itu, Smart juga membuat aplikasi smart phone khusus untuk eScooter yang bisa mengkoneksikan smart phone yang dipakai pengendara dengan tunggangannya ini. Smartphone bisa menjadi speedometer saat berkendara, jadi GPS atau sekedar untuk mengetehui kondisi baterai dan perangkat lainnya si eScooter.   

Smart juga mendesain semua lampu pada skuter yang tidak perlu pakai Surat Izin Mengemudi (SIM) ini dengan teknologi LED. Selain lebih terang juga lebih hemat listrik! Di Paris Motor Show 2010 mendatang, Smart eScooter ini akan bersanding dengan Smart Fortwo, micro car dua penumpang andalan Smart.

Penulis/Foto:Popo,Abed/Smart

 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa