Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jaguar Kembangkan Flywheel Hybrid

Editor - Senin, 20 September 2010 | 08:15 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Jaguar Land Rover terus bekerja mengembangkan kendaraan hybrid untuk line-up masa depannya. Uniknya hybrid yang sedang diuji pada Jaguar XF ini bukan menggunakan motor listrik atau generator layaknya Hybrid pada Toyota Prius untuk memperoleh tenaga tambahan, tapi menggunakan Flywheel Hybrid System for Premium Vehicle (FHSPV).

Flywheel atau roda gila ini akan menyimpan energi yang diperoleh dari sistem pengereman untuk digunakan saat berakselerasi. Flywheel layaknya teknologi KERS pada mobil balap Formula 1 ini dapat berputar hingga 60 ribu rpm dan mampu memberikan suntikan tenaga hingga 80 dk. Tenaga hingga 80 dk ini akan digunakan membantu mesin utama saat berakselerasi. 

Meski hanya bisa digunakan dalam beberapa detik saat mesin berakselerasi, namun flywheel hybrid yang digerakan oleh sebuah gearbox CVT ini diklaim mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 20 persen.

Selain mampu membuat konsumsi bahan bakar lebih ekonomis, flywheel hybrid ini juga berkontribusi memangkas bobot. Beratnya 50 persen lebih ringan dari hybrid konvensional yang menggunakan motor listrik. Begitu juga dengan biaya yang harus dikeluarkan, yang pasti akan lebih hemat.

Sayanganya belum ada kepastian, kapan Jaguar akan memproduksi teknologi ini sebagai produk masal. Dalam proyek dengan budget 2,2 juta Pounds ini, Jaguar dibantu oleh Departemen Teknologi pemerintah Inggris dan melibatkan beberapa perusahaan seperti teknologi Inggris, Flybird System, Torotrak, Xtrac dan Prodrive.

Penulis/Foto:Popo/Jaguar

 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa