Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Dia Monster Suzuki SX-4, Pendaki Gunung Tercepat Di Pikes Peak 2010

Editor - Rabu, 30 Juni 2010 | 11:36 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Pembalap kawakan asal Jepang, Nobuhiro Tajima berhasil menancapkan namanya sebagai pembalap tercepat dikelas Unlimited pada balap mendaki gunung, Pikes Peak International Hill Climb (PPIHC) 2010 yang berlangsung di pegunungan Colorado, pada Minggu (27/6) bersama Suzuki SX-4.

Tajima sukses mencatat waktu 10 menit 11,490 detik, di ajang yang melewati jalur pegunungan setinggi 4300 meter diatas permukaan laut, dan melintasi variasi trek aspal dan gravel sepanjang 19,9 km, yang dilengkapi dengan 156 tikungan. 

Posisinya diikuti oleh pembalap tuan rumah, Paul Dallenbach yang finish kedua dengan catatan waktu 10 menit 39,534 detik. Sedangkan tempat ketiga diraih oleh pembalap Selandia Baru, Rhys Millen dengan mencetak waktu 11 menit 6,208 detik.

Bagi pembalap yang melakukan debut di ajang ini sejak tahun 1992, gelar juara yang diraih olehnya kali ini, merupakan gelar kemenangannya yang kelima kali secara beruntun diajang balap tahunan ini. Uniknya, Tajima selalu meraih gelar tersebut diatas mobil Suzuki.

Rahasia kemenangan Tajima kali ini terletak pada sosok Suzuki SX-4 tunggangannya yang sudah dirombak total. Tengok saja, sektor eksteriornya yang semakin aerodinamis, karena sudah mengaplikasi bodi kit dan rear wing besar berbahan karbon kevlar. 

Sedang mesinnya, mobil yang posisi drivernya sudah diubah di tengah ini telah menggusur mesin aslinya yang hanya berkapasitas 1500 cc, dan menggantinya dengan mesin V6 twin turbo 2736 cc bertransmisi 6-speed. Hebatnya, mesin ini  mampu menghasilkan torsi sebesar 887 Nm, dan tenaga hingga 873 dk! Tenaga yang lebih dari cukup untuk mendaki gunung.

Tak hanya tampilan dan mesin saja yang dirombak, sistem penggerak rodanya pun kini telah mengaplikasi 4 wheel drive yang dilengkapi 3 buah limited slip differential, yang membuat laju mobil ini semakin stabil dan mudah dikendalikan.

Sayangnya, catatan waktu yang dibubuhkannya kali ini belum cukup untuk memecahkan rekor waktu, 1 menit 01,408 detik yang pernah dicetak atas namanya sendiri pada ajang Pikes Peak 2007, diatas Suzuki XL-7.

Penulis/foto: Ilham/ Autoevolution

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa