Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mercedes E-Vito, Taksi Listrik Untuk Olimpiade 2012 Di London

Editor - Selasa, 30 Maret 2010 | 16:08 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Mercedes Vito memang dioperasikan sebagai taksi di London, tapi Vito yang satu ini sungguh berbeda karena sudah menggunakan tenaga listrik. Uji coba ini dilakukan oleh Goverment Advantage Niche Vehicle Research & Development Programme selama enam bulan terakhir.

Dan hasil dari uji coba mobil listrik ini diharapkan sudah bisa dipakai sebagai kendaraan umum untuk event olah raga Olimpiade di London 2012 mendatang. “Dengan taksi ini kita bisa dengan mudah mengoperasikannya pada saat Olimpiade London 2012,” papar Steve, Direktur Sales & Marketing Zytek, perusahaan yang dipercaya memasarkan mobil ini.

Taksi listrik yang kemudian disebut dengan “E-Vito” ini menggunakan motor listrik sebesar 70 KW atau sekitar 95 dk. Taksi ini sanggup bekerja nonstop hingga selama 6 jam dengan jarak tempuh 120 km dan menampung penumpang hingga 6 orang.

Sedang baterainya menggunakan Valence Li-Ion dengan tegangan 35 KWh yang diletakkan pada bagian bawah lantai. Posisi ini memberikan distribusi bobot di pusat gravity sehingga membuat handling mobil ini tetap nyaman.

E-Vito dijejali dengan transmisinya bermerek Vocis disuplai oleh Graziano. Selain itu E-Vito juga mengadopsi teknologi rear wheel steering. Karena roda belakangnya bisa ikut belok maka radius putar E-Vito bisa mencapai 7,6m. Tentunya cukup baik untuk MPV dengan body bongsor ini.

Sedang untuk urusan tekonologi komunikasi dan kemananan, taksi ini juga telah dilengkapi dengan fitur tambahan seperti ABS (Antilock Braking System), ESP (Electronic Stability Program), OBD (On Board Diagnostics) dan Parking Sensor.

Wah, rasanya udara perkotaan bisa semakin segar bila semua kendaraan umum-nya seperti ini! 

Penulis/Foto:Heru/Autoevolution

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa