Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fun Rally, Jajal Kelincahan Suzuki Splash Di Sempitnya Jalanan Bali

Editor - Minggu, 7 Maret 2010 | 15:15 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bermodal peta kelilingi pulau Dewata

OTOMOTIFNET - Masih dari Bali, pengetesan Suzuki Splash dalam acara bertajuk "Media Test Drive Suzuki Splash" kembali dilanjutkan di hari kedua (5/3). Kali ini sesi pengetesan ini dikemas unik dalam "fun rally" dari Kuta ke Denpasar hingga finish di kawasan Sanur.

Tentunya PT Indomobil suzuki international (ISI) selaku peyelenggara punya alasan tersendiri, salah satunya agar para tester merasakan kelincahan dan kemudahan pengendalian Suzuki Splash ini di sempitnya ruas jalan di Bali.

Tiap mobil diisi tiga orang dan dilepas dari pelataran parkir hotel Aston Kuta, Bali. Rute pertama dari Kuta ke kawasan Denpasar berjalan tersendat, selain karena hanya tersedia dua lajur dan kepadatannya yang cukup tinggi membuat kelincahan mobil yang dibekali dengan mesin K12 berkapasitas 1200 cc, DOHC VVT.

Dimensinya memang setara Suzuki Swift, namun bermodal sumbu roda yang sama pendeknya dengan Suzuki Karimun Estilo, hanya 2,360 mm membuatnya mudah berkelak kelok. Kemudinya yang sudah dilengkapi dengan elektronik powersteering system (EPS) memang sedikit lebih berat ketimbang mekanisme power steering konvensional namun rasanya tetap nyaman untuk wanita sekalipun.

Meski terasa sedikit lebih berat namun penggunaan EPS sangat berguna pada kecepatan tinggi. Setir kemudi tidak serta merta menjadi sangat ringan pada kecepatan tinggi seperti yang terjadi bila hanya menggunakan power steering knonvensional. EPS tetap dapat memberikan pengendalian yang ideal.

Di kemacetan lalulintas, Suzuki Splash ini malah jarang minta bertahan dengan ratio gigi satu, karena rasanya perbandingan 3.545 terlalu pendek. Jalan perlahan dengan gigi dua yang cukup panjang tapi tetap mampu memberikan kenyamanan dan tetap ringan membawa mobil dengan tenaga 85 ps ini.

Perjalanan Kuta-Denpasar atau rute pertama pun diselesaikan dengan pos 1 berada di kawasan Jl. Nusakambangan, Denpasar, Bali. Setelah menyelesaikan beberapa soal, peserta langsung melanjutkan ke rute kedua yaitu Jl. Nusakambangan menuju Monumen Bajra Sandhi yang terletak di Renon, Denpasar, Bali.

No caption
No credit
No caption

Nampang dulu di Monumen Bajra Sandhi

Rute kedua cukup untuk menikmati sedikit kenikmatan berkendara Suzuki Splash diputaran menengah. Meski rute di dalam kota tetap macet, namun di seputaran monumen perjuangan rakyat Bali ini cukup lengang. Akselerasi tenaga saat injak gas sangat terasa ketika putaran mesin diangka 4000 rpm. Tentunya hal itu sangat sesuai dengan spesifikasi di brosur Suzuki Splash yang menyebutkan torsi maksimun 113 Nm di 4500rpm.

Namun rasanya posisi takometer yang terletak di atas dashboard dan terpisah dari panel speedometer kurang mudah untuk dilihat. Mungkin karena belum terbiasa dengan desain seperti ini. Tapi desain ala takometer racing ini layak diacungi jempol, selain unik juga beraura sporty!

Sama seperti kegiatan sebelumnya, di pos ketiga Monumen Bajra Sandhi ini lagi-lagi ada soal yang harus diselesaikan sebelum menempuh garis finish di kawasan Sanur. Sepanjang perjalanan ke pos terakhir ini sempat terheran juga melihat isi bagasi Suzuki Splash yang teryata mampu mengakomodir banyak barang.

Konsol penyimpanan barang juga cukup banyak selain di dashboard sebelah kiri juga ada tempat botol untuk air minum di door trim dan ada juga laci di kolong jok depan sebelah kiri. Centre konsol yang menyatu gear shift juga memudahkan penumpang meletakan serta mengambil barang bawaanya disini.
Dan akhirnya, tak terasa sampai juga di garis finish! Yang berarti berakhir juga fun rally bersama mobil yang dijual Rp 139 juta untuk tipe standar dan Rp 145 juta untuk tipe GL (on the road Jakarta).    

Penulis/Foto:Popo
 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa