Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cegah Pedal Gas Error, Toyota Menambah Software Override

Editor - Senin, 22 Februari 2010 | 07:40 WIB
No caption
No credit
No caption


All-New 2011 Toyota Sienna akan jadi yang pertama pakai Software Override

OTOMOTIFNET - Recall besar-besaran tentu membuat Toyota rugi besar. Salah satu penyebab penarikan kembali mobil-mobil Toyota adalah disebabkan pedal gas yang tidak berfungsi dengan baik.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Toyota akan menggunakan sistem Software Override pada perangkat pengereman untuk semua model di masa depan yang dibuat oleh Toyota, Scion dan Lexus.

Override adalah sebuah software elektronik yang akan memaksa komputer kendaraan untuk merespon rem saja dan membuat akselerasi terhenti ketika pedal gas dan rem terinjak bersamaan. Pada merk lain disebut juga sebagai “Smart Pedals”.

Keunggulannya, meski pun akselerasi berhenti. Namun, mobil tetap berjalan layaknya ketika mobil sedang engine brake saja. Sehingga saat melakukan pengeraman tidak perlu terlalu keras hingga melakukan rem mendadak yang dapat memicu kecelakaan.

Meski pun ini bukan teknologi yang baru, karena telah digunakan pada mobil-mobil buatan Chrysler, BMW, Mercedes-Benz, Audi dan Nissan. Tetapi override adalah solusi tepat untuk masalah yang dialami oleh Toyota.

Seperti yang dilansir Automotivenews, penerapan sistem override ini akan dimulai pada mobil All-New 2011 Toyota Sienna minivan. Selanjutnya mereka akan mulai memasang sistem override ini pada tipe, Toyota Camry, Avalon dan Lexus ES dan IS. Serta model-model yang terlibatkan dalam recall kali tahun ini.

Penulis/Foto: Ilham/Toyota
 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa