Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sai Hybrid : Sedan Toyota Berbasis Lexus HS250h

Editor - Jumat, 30 Oktober 2009 | 07:51 WIB
No caption
No credit
No caption


Foto: Toyota

OTOMOTIFNET – Berita seputar rencana Toyota merilis sedan hybrid mewah sudah merebak sejak lama. Banyak pihak penasaran mengenai wujud mobil tersebut. Bahkan beberapa waktu lalu, gambar sketsanya banyak bermunculan di berbagai media. Namun rasa penasaran tersebut terjawab sudah ketika Tokyo Motor Show 2009 digelar.

Oleh Toyota, mobil ramah lingkungan yang dipastikan akan diproduksi masal awal Desember mendatang ini diberi nama Sai Hybrid. Sai berasal dari kata Jepang yang jika ditulis dalam huruf Kanji memiliki dua arti berbeda.

Arti yang pertama adalah talenta atau bakat. Sedangkan arti yang kedua adalah pewarnaan. Dengan nama tersebut Toyota mempromosikan bahwa sedan terbaru ini mengkombinasikan bakat yang hebat dan kecanggihan yang berwarna atau beraneka ragam.

Sedan ini berbasis pada Lexus HS250h yang tampil perdana pada Detroit Motor Show 2009, Januari silam. Sehingga tampilan mobil ini secara keseluruhan mirip dengan HS250h.

Saat merancang Sai, desainer Toyota tetap menganut filosofi Vibrant Clarity. Sehingga menghasilkan tampilan eksterior yang unik dan mewah.

Beberapa bagian eksterior dibuat sedemikian rupa untuk mengurangi hambatan udara. Salah satu contohnya bentuk gril yang rendah. Hasilnya, nilai coefficient of drag mobil ini hanya 0,27.

Sebagai mobil ramah lingkungan, Toyota turut memperhatikan pilihan materialnya. Jika kita masuk ke dalam kabin, 60% material yang ada di interior mobil terbuat dari Ecological Plastic yang berbahan dasar tanaman.
Meskipun terbuat dari bahan tumbuhan, interior mobil ini tetaplah nyaman, elegan dan mewah. Di dalam kabin Sai, kita juga akan menemukan beberapa bagian interior yang dicomot dari Prius. Seperti bentuk setirnya yang 4-spoke dan tuas transmisi yang mungil.

Khusus dapur pacu, Toyota memboyong mesin berkapasitas 2.400cc yang bertenaga 150hp pada 6,000 rpm. Mesin tersebut ditemani oleh motor listrik yang bertenaga 143 hp. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 19,8 km/liter.

Sistem keselamatan juga tak luput dari perhatian. Mobil telah dilengkapi air bag, ABS, S-VSC (Steering-Vehicle Stability Control), sampai Pre-Crash System yang akan memberikan peringatan kepada pengemudi ketika akan terjadi kecelakaan.

Sai Hybrid rencananya akan dirilis pada 7 Desember mendatang dengan rentang harga antara Rp 351 juta sampai Rp 445 juta (di Jepang). Pihak Toyota menargetkan penjualan bulanan mobil ini adalah sebesar 3,000 unit.       

Penulis/Foto : Dika/Toyota

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa