Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Swift Hybrid, Tempuh 20 Km Tanpa Bensin

Editor - Kamis, 29 Oktober 2009 | 07:51 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Suzuki Swif lebih dikenal sebagai mobil hatchback berperforma tinggi sekaligus lincah, bahkan seri One Make Race (OMR) Suzuki Swift di sirkut Sentul tahun lalu juga menjadi bukti kemampuan mesin K12B empat silinder berkapasitas 1.200cc bertenaga 90 bhp dan torsi 118 Nm ini. Tapi apa jadinya bila mesin ini diganti dengan mesin 658cc saja?

Hasilnya malah bisa menempuh jarak 20 km tanpa mengonsumsi bensin setetes pun. Wah, yakin bisa tuh? Jelas bisa, karena Suzuki Swift yang sedang kita omongin ini sudah mengaplikasikan teknologi hybrid plug in dan sedang di pajang di Tokyo Motor Show (TMS) 2009.

No caption
No credit
No caption

Bisa isi ulang listrik dimana saja termasuk dari rumah
Suzuki Swift Hybrid ini memiliki paduan antara mesin bakar konvensional, sebuah motor listrik dan battery untuk menyimpan listik.

Karena sudah menggunakan sistem hybrid plug in dimana listrik yang bisa diisi ulang dari mana saja termasuk dari listrik di rumah ini bisa langsung di simpan ke dalam battery dan difungsikan sebagai tenaga untuk menggerakan roda. Suzuki Swift Hybrid ini memang dirancang untuk lebih banyak berjalan dengan tenaga listrik.

Bahkan bila battery 260v berkapasitas hingga 2.66kWh yang diletakan di konsol tengah ini mampu menggerakan mobil hingga 20 kilometer.

Tapi jangan khawatir bila harus kehabisan listrik di battery misalnya ketika berlama-lama terjebak macet seperti di jalanan Jakarta.

Karena setelah battery habis maka generator akan bekerja di gerakan oleh mesin imut 658cc yang biasanya digunakan pada mobil-mobil kecil. Listrik yang dihasilkan akan disimpan oleh battery dan kembali digunakan untuk menggerakan mesin.

SX4 FCV 


SX4-FCV. Sedang uji coba jalan

Selain Swift Plug-in Hybrid, turut dipamerkan SX4-FCV. Mobil ini tak kalah ramah lingkungan karena mengaplikasi sistem fuel cell. SX4-FCV mengusung tangki hydrogen bertekanan 70 MPa dan kapasitor kompak yang dikembangkan oleh Suzuki.

Saat ini SX4-FCV sedang menjalani uji coba di jalanan umum dengan persetujuan pemerintah. Hasil uji coba nantinya akan menjadi patokan untuk mengembangkan system fuel cell yang lebih baik.

Penulis/Foto: Popo, Dika/TMS

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa