Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

FT-EV II: Mobil Konsep Toyota Berukuran Paling Kecil

Editor - Selasa, 27 Oktober 2009 | 15:25 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Foto: Toyota

OTOMOTIFNET – Jika Anda berpikiran mobil konsep Toyota iQ paling kecil, maka akan kaget ketika melihat FT-EV II. Concept car Toyota yang tampil perdana di Tokyo Motor Show 2009 ini, ternyata memiliki ukuran lebih imut dibanding iQ.

Mobil ini merupakan penyempurnaan dari FT-EV yang tampil perdana pada Detroit Motor Show 2009, Januari silam. Tentu saja Toyota melakukan beberapa perbaikan dan penyempurnaan di berbagai sektor.

Antara lain engine hood yang lebih pendek dan ukuran motor listrik sebagai penggerak juga direduksi. Untuk memperingan mobil berpenggerak listrik ini dilakukan mengurangi bobot drivetrain dan mengaplikasi control drive by wire.

Mulai dari brake by wire, steering by wire sampai accelerator by wire. Sehingga tak ada sambungan mekanikal antara pengemudi dan mobil.     


Interior retro futuristik

Untuk akses keluar-masuk, disediakan dua pintu model sliding elektris. Untuk membuka atau menutup pintu cukup memencet tombol yang berada di ujung pintu bagian luar.

Uniknya, begitu masuk interior justru disuguhkan aura retro futuristik. Seperti terlihat pada joystick dan speedometer yang berbentuk bulat. Meskipun berukuran kecil, karena adanya beberapa penyempurnaan menjadikan ruang kabin tidak terasa sempit. 

FT-EV II ditenagai oleh motor listrik yang berukuran kompak dan baterai lithium-ion yang menurut Toyota bisa membawa mobil ini kurang lebih sejauh 55 miles (88 km). Top speednya mencapai 62 mph atau sekitar 100 km/jam.

Belum ada pengumuman mengenai rencana untuk memproduksi mobil ini. Bisa jadi system elektrisnya juga diterapkan di mobil listrik Toyota lainnya.

Penulis : Dika

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa