Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Calon Penerus Legenda Drift King, AE86!

Editor - Rabu, 7 Oktober 2009 | 10:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Bos besar Toyota Motor Corporation (TMC), Akio Toyoda memang pecinta balap. Ia mengatakan bahwa pembuat mobil sudah seharusnya membutuhkan suntikan kegembiraan, dan Toyota FT-86 concept ini adalah suntikan kegembiran dalam dosis pertama dari Toyota. Rencananya akan dipamerkan di Tokyo Motor Sport 2009 mendatang.

Suntikan kegembiraan ini berwujud sebuah sport car yang memiliki benang merah dengan sang legenda balap jalanan, Toyota AE-86 yang lahir di tahun 80an. Meski tergolong mobil tua, namun hingga saat ini Toyota AE-86 masih jadi buah bibir di event drifting dunia. Stabilitas dan kelincahannya masih bisa disejajarkan dengan sport car terbaru.

Berangkat dari sang legenda, TMC menyerahkan pembuatan desain pada ED2 styling studio di Perancis yang bila dilihat sekilas desainnya sangat mirip dengan FT-HS concept yang dipamerkan di Detroit Auto Show beberapa tahun yang lalu. FT-86 ini dirancang sebagai compact rear wheel drive (RWD) sports car yang memberikan kesenangan dan kegembiraan saat berkendara.

RWD? Wah benar-benar keluar dari pakem mobil modern yang selalu menyanjung stabilitas mobil-mobil penggerak roda depan (FWD). Dengan transfer tenaga ke roda belakang bisa dipastikan Toyota FT-86 ini akan memberikan sensasi goyangan tenaga di bagian belakang mobil yang khas saat akselerasi. Dan yang pasti akan sangat cocok untuk turun drifting!

Kabarnya FT-86 ini akan mengusung mesin boxer 2000cc. Untuk merasakan tenaga dari mesin itu telah disiapkan desain dan karakter kemudi yang kompak yang memberikan kemudahan kontrol, sementara body yang ringan dan rendah memungkinkan center gravitasi dibuat layaknya mobil balap yang liar dengan mesin ganas tapi tetap stabil.

Kemungkinan besar mobil ini sudah akan diproduksi di tahun 2011. Artinya kita bisa melihat mobil ini ngebut di jalan, sirkut atau bahkan melanjutkan kiprah sang legenda AE 86 di arena drifting. Mantap!

Penulis/Foto: Popo/Toyota

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa