Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hybrid AWD Dengan Tiga Motor Sekaligus

Editor - Kamis, 1 Oktober 2009 | 06:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Subaru yang sangat terkenal dengan racikan All Wheel Drive (AWD) nya akan tampil di Tokyo Motor Show 2009 dengan sentuhan ramah lingkungan lewat Subaru Hybrid Tourer Concept. Sebuah perpaduan teknologi antara "Symmetrical All-Wheel Drive (AWD)" dan "Horizontally-Opposed Boxer Engine" khas Subaru dengan teknologi hybrid plug in yang memiliki dua motor listrik sekaligus.

So, totalnya ada tiga motor penggerak pada mobil ini. Yang pertama jelas mesin andalah Subaru, Horizontally-Opposed Boxer Engine. Mesin bensin berkapasitas 2000cc ini memang sudah terkenal sangat powerful. Apalagi dilengkapi teknologi direct fuel-injection untuk peningkatan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang serta memperbaiki output torsi dan respon mesin yang cepat.

Selain itu turbocharger juga bisa ditemui di mesin ini untuk menambah tenaga tentunya. Output tenaga yang dihasilkan lalu di transfer ke empat roda lewat transmisi Lineartronic (CVT). Selain lebih responsif dan nyaman karena minim hentakan, penggunaan Lineartronic ini juga dipercaya turut menyumbang efisiensi bahan bakar. Namun asiknya mesin yang sangat powerful ini hanya bekerja ketika dibutuhkan saja! Karena sudah ada dua buah motor listrik yang akan membantu kebutuhan tenaga.

No caption
No credit
No caption

Kedua motor listrik ini ditanamkan di roda depan dan belakang. Motor listrik di roda depan memiliki kekuatan 10kw dan di roda belakang 20kw. Uniknya khusus motor listrik di roda depan merangkap fungsi menjadi generator listrik yang menyuplai arus ke motor listrik di roda belakang.

Lalu kapan motor listik ini akan bekerja? Pertama pada saat start-up dan kecepatan yang sangat rendah, seperti ketika mengemudikan mobil ke bengkel, motor bagian belakang difungsikan sehingga memungkinkan mengemudi tanpa memanfaatkan kekuatan mesin. Baru saat mengemudi normal, mesin bensinnya yang akan bekerja.

Kemudian motor listrik belakang juga bekerja membantu akselerasi untuk mempercepat pencapaian kecepatan yang diinginkan pengemudi. Begitu juga ketika akselerasi di jalan menanjak, motor di roda depan yang biasanya digunakan sebagai generator listrik akan membantu untuk mendorong as roda depan untuk meningkatkan kinerja. Selain itu ketika pada kondisi mobil diam, mesin akan otomatis mati untuk mengurangi konsumsi bahan bakar.

Penggunaan high-performance lithium battery yang dipakai pada Subaru Hybrid Tourer Concept ini adalah hasil pengalaman dari Subaru Plug-in STELLA electric vehicle yang diluncurkan beberapa waktu lalu. Lithium battery yang digunakan juga dikawinkan dengan manajemen energy dan regenerative brake controls untuk efisiensi bahan bakar yang sempurna.


Spesifikasi
Length x Width x Height: 4,630 x 1,890 x 1,420mm
Engine type: 2.0-liter Horizontally-Opposed direct fuel-injection turbo gasoline engine
Max output of Motor: 10kW (Front) / 20kW (Rear)
Transmission type: Lineartronic
Drive train: Symmetrical All-Wheel Drive with 2 motors assist
Battery type: Lithium-ion battery

Penulis/Foto:Popo/Subaru
 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa