Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Mobil Siap Tambah Line Up

Editor - Kamis, 10 September 2009 | 15:08 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Suzuki mobil di Indonesia  kini sedang menyiapkan sejumlah strategi. Paling tidak, ada sejumlah tipe yang kini sedang di incar PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk di pasarkan dan dikembangkan di Indonesia.

“Kita memang tengah menyiapkan beberapa model, tetapi semuanya masih di study di Jepang,” sebut Seiji Itayama, marketing automobile managing director SIS di sela peluncuran Suzuki Genuine Oil di Jakarta, Selasa (1/9).

Menurut lelaki yang fasih berbahasa Indonesia itu, mereka pun kini tengah melakukan studi untuk ikut bermain di pasar terbesar di tanah air. “Pasar yang besar di sini itu ada di kelasnya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Nah, di kelas ini kita belum punya. Makanya kita sedang meminta Suzuki Motor Corp untuk melakukan studi itu,” jelasnya.

Meski begitu, ia belum mengungkapkan secara pasti, model-model apa yang tengah disiapkan itu. Di kancah otomotif Tanah Air, Suzuki mobil saat ini sudah mempunyai sejumlah line up yang didagangkan. Di kelas mobil 7 penumpang, merek punya Suzuki APV. Sedangkan untuk city car mereka mengandalkan Karimun Estilo. Lalu, untuk kelas sedan 1.500 cc, Suzuki punya Neo Baleno dan kelas SUV menengah ada Grand Vitara. Sedangkan untuk pasar cross over ada Suzuki SX4.

Lantas, untuk pasar mobil penumpang, pihaknya kini masih mengandalkan Carry. Meski begitu, kabar tersiar Carry bakal dihentikan produksinya. “Semuanya memang masih tahap perencanaan. Tetapi memang, kita melihat pasar untuk angkutan umum kelas 1.000 cc memang kini sudah mulai kecil. Belum lagi sejumlah daerah kini memberlakukan aturan ketat. Jadi, kami memang berencana untuk mengganti modelnya,” sebut Itayama lagi.

Suzuki di Indonesia memang pada awalnya terkenal dengan kebandelan dari mobil angkutan umumnya, Carry 1.000. Bahkan boleh dibilang, pasar inilah yang mendulang pundi-pundi besar Suzuki di Tanah Air. Kemudian, pasar ini juga diisi oleh Mitsubishi dengan Colt T120-nya. Juga Daihatsu yang masuk dengan Espass. Kini Daihatsu semakin meraja dengan menghadirkan Gran Max. Sedangkan Mitsubishi, suaranya nyaris tak terdengar di pasar ini.

Penulis/Foto: Riz / Suzuki
 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa