Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Training Toyota Desain Contest 2009

Editor - Rabu, 27 Mei 2009 | 19:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Toyota Design Competition kembali digelar di tahun 2009. Tidak seperti tahun lalu yang peserta di beri kebebasan untuk menciptakan mobil Toyota khayalannya. Kali ini peserta harus membuat desain dari basic Toyota New Yaris sesuai tema yang di usung masing-masing peserta.

Kompetisi desain yang dibagi menjadi 2 kelas, mahasiswa dan jurnalis ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama berupa pengiriman karya desain, yang berbentuk Konsep Desain, Sketsa Ide, dan Rendering. Sedang pada tahap kedua akan dipilih 5 orang yang lolos, dan diwajibkan untuk membuat skala model 1:10 sesuai desain masing-masing finalis yang lolos.

Dan sore (27/5) ini diadakan Training Toyota Toyota Design Competition bagi para jurnalis. Di training ini diberikan penjelasan dan praktik mengenai proses mendesain sebuah mobil khususnya yang berhubungan dengan kompetisi tahap pertama. Peserta diajarkan membuat sketsa dasar dan rendering.

“Sketsa tangan sangat penting karena originalitas dan eksplorasi ide ada di sketsa tangan, sedang computer hanya tools untuk menyempurnakannya,” buka Donny Adhi Yuwono, section head accessories department PT Toyota Astra Motor (TAM).

Pria yang pernah menjalani pelatihan desain di Toyota Motor Corporation (TMC), Jepang ini juga mengingatkan untuk berani dan banyak-banyak membuat sketsa untuk mendapatkan hasil yang paling baik sebagai modal untuk ikutan dalam kompetisi ini.

“Dalam sebuah disain mobil harus memiliki unsur-unsur posture, prestige, simple, dynamic, originality, dan beuty. Seperti desain-desain Toyota yang memiliki cirri khas yang kuat,” tambahnya. Selain membuat sketsa, peserta juga diajarkan mewarnai rendering sederhana dengan software photoshop.

Yang artinya tidak perlu tool yang rumit seperti 3D untuk ikutan dalam kompetisi ini. Jadi bagi yang merasa punya konsep bagus jangan ragu-ragu untuk mengirimkan karyanya. Keterangan lebih lanjut tentang  Toyota Design Competition bisa dilihat di banner yang terdapat di rubrik Otoforum.

Penulis/Foto:Popo

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa