Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sudah Tiga Tahun, Awal Tahun Depan Grand Vitara Facelift Meluncur

Otomotifnet - Kamis, 18 Desember 2008 | 16:26 WIB
Awal Tahun Depan Grand Vitara Meluncur
Awal Tahun Depan Grand Vitara Meluncur

OTOMOTIFNET - Saatnya Suzuki menyegarkan Grand Vitara yang telah hadir sejak Juli 2006. Dan awal 2009 dianggap PT Indomobil Niaga International sebagai waktu yang pas memperkenalkan wajah baru Grand Vitara.

Bukan apa-apa, Grand Vitara dijadikan simbol kebangkitan SUV Suzuki di Tanah Air. Desain apik nan berani serta strategi pricing  tepat menjadi kunci Suzuki untuk tetap eksis di kelas ini.

Penampilan anyar dibanding sebelumnya, memang secara umum tidak berubah secara signifikan. Desain eksterior mengotak dan tajam membuat sosoknya terlihat jantan tetap dipertahankan. Begitupun adopsi filosofi penggerak belakang dan sasis tangga yang membuat Grand Vitara memiliki ketangguhan yang tidak dimiliki rival-rivalnya.

Perubahan minor terjadi pada gril, lampu dan beberapa detail lain. Karena nyaris tidak kentara bedanya – terutama untuk varian 2.0 - saat event “Suzuki Merah Putih”,  Agustus 2008 lalu, Grand Vitara anyar yang dibawa oleh petinggi Suzuki di tengah rombongan, tak dikenali sebagai versi facelift.

Kabar bagus berikutnya, tahun depan Suzuki juga menelurkan Grand Vitara bermesin 2.400 cc untuk bersanding dengan versi 2.0 yang saat ini dijual. Selain mesin, nuansa mewah pada kabin begitu kentara dengan warna cream  nan cerah. Perbedaan lain ada pada desain pelek.

Mesin sendiri mampu menelurkan daya hingga 169 dk dan torsi 225 Nm. Juga dilengkapi dengan balancer shaft, three-stage variable air intake  dan tumble control valve  yang terletak dalam intake port  demi menghadirkan campuran bahan bakar dan udara yang sempurna

Dijamin, adopsi mesin ini membuat Grand Vitara berada dalam ‘garis’ yang sejajar dengan Honda CR-V maupun Nissan X-Trail yang sama-sama menawarkan varian dengan mesin berkapasitas lebih besar.

Fitur kelengkapan juga diyakini akan lebih mewah dari varian 2.0 yang sebenarnya sudah unggul value for money  dibanding rival-rivalnya.

Saat ini, pihak Suzuki tengah melakukan strategi harga yang sesuai dengan kebutuhan sekaligus agar kompetitif dengan rival. Kedua varian ini pun bakal resmi meluncur di pasar nasional di pengujung Februari 2009 nanti.

Jadi Anda pilih yang mana, Grand Vitara 2.0 atau 2.4?

Suzuki Grand Vitara 2.0 / 2.4
Mesin                             : 1.995 cc 4 silinder / 2.393 cc 4 silinder
Tenaga maksimum    : 140 dk/6.000 rpm / 169 dk/6.000 rpm
Torsi maksimum        : 183 Nm/4.000 rpm / 225 Nm/4.000 rpm
Transmisi                     : 4-speed otomatis, RWD / 4-speed otomatis, RWD
0-100 km/jam               : N/A / 12 detik (klaim)
Top speed                     : N/A / 174 km/jam (klaim)
Konsumsi bbm           : N/A / 10,4 km/l (klaim)
Bobot                             : 1.520 kg / 1.620 kg (spek JDM)
Dimensi (P/L/T)           : 4.470/1.810/1.695 mm
Kapasitas bagasi        : 398-758 liter
Harga (estimasi)         : Rp 250 jutaan / Rp 300 jutaan
Status                            : Confirmed
Dipasarkan                   : Akhir Februari

Penulis: Toni

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa