Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki dan HKS Jual Turbo Khusus SX-4

Editor - Senin, 1 Desember 2008 | 00:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Merasa sukses dengan hubungan terdahulunya, Suzuki dan pemasok racing part HKS makin mesra saja. Sebelumnya Suzuki dan HKS sukses membuat kompetisi One Make Race (OMR) Suzuki Swift dengan racing part dari HKS. Kali ini giliran SX-4 yang kebagian kit turbo dari HKS. “Kalau yang ini tujuannya untuk daily use, bukan untuk racing,” buka Bebin Djuana, Brand Manager PT Indomobil Niaga Internasional.

Sama seperti sebelumnya, selain untuk keperluan balap Suzuki dan HKS juga sukses menjual turbo kit Suzuki Swift untuk keperluan daily use. “Sebetulnya untuk balap dan kebutuhan sehari-hari sama saja, hanya beda pada settingan. Kalau swift untuk balap bisa disetting diatas 0,5 bar dan diimbangi beberapa part racing lainnya. Sedang harian 0,2 sampai 0,3 bar cukup dengan mesin standar,” terang Vincent Lo, General Manager, Sumber Berkat, distributor HKS di Indonesia.

Lalu apa bedanya turbo kit Swift dan SX-4 bukannya kedua mobil ini menggunakan mesin yang sama? “Pastinya serupa tapi tak sama. Rumah keongnya sama persis tapi berbeda di desain pipa-pipanya karena ruang mesin SX-4 berbeda dengan Swift. Selain itu beda di Piggyback-nya, karena SX-4 sudah menggunakan teknologi drive by wire,” terang Bebin yang badannya tinggi besar ini.

No caption
No credit
No caption

Rumah keong sama dengan turbo Swift
No caption
No credit
No caption

Beda di pipa

Secara produk nantinya turbo HKS untuk SX-4 dan SX-4 sedan (Neo Baleno) ini dijual dalam dua pilihan. Yang pertama tanpa intercooler dan yang menggunakan intercooler. Dalam paket ini sudah termasuk Turbine, Exhaust manifold, Pipe, Silicon hose, Piping untuk oli dan air, gasket dan bracket serta piggyback FCon. Sedang paket kedua tentunya dengan tambahan intercooler.

Dicontohkan pada sebuah SX-4 M/T tanpa intercooler dan SX-4 sedan A/T dengan intercooler kenaikan tenaga yang didapat cukup signifikan. Dari mesin SX-4 M/T sebelum dipasang turbo, dites dyno milik Dastek didapat data max power 118 hp di 6000rpm serta max torque 150nm di 4500rpm. Setelah pasang turbo tanpa intercooler max power meningkat menjadi 153 hp di 6500 rpm dan max torque 200nm di 4500 rpm.

No caption
No credit
No caption

Air filter juga dari HKS

Piggyback FCon

Sedang hasil pengetesan serupa pada SX-4 sedan A/T tanpa turbo diperoleh max power 103 hp pada 6000 rpm dan max torque 133 nm pada 4500 rpm setelah dipasang turbo dengan intercooler diperoleh data max power 140 hp pada 7000 rpm dan max torque 168 nm pada 4500 rpm. “Data ini didapat dari settingan boost 0,4 bar pada SX-4 M/T dan 0,25 bar pada SX-4 sedan A/T,” lanjut Vincent.

Menurutnya settingan ini paling aman untuk konsumsi harian. Selain itu masih bisa menggunakan part original tanpa penggantian apapun. “Pokoknya plug and play, tanpa ubahan apapun pada mesin,” ungkap Vincent yang menjual paket turbo ini pada kisaran Rp 40 jutaan dengan intercooler dan Rp 30 jutaan tanpa intercooler. “Bisa dipesan lewat dealer-dealer Suzuki,” tutup Bebin.

Gimana cukup sepadan ga ya? Rp 30 sampai 40 juta dapat tambahan tenaga 35 dk sampai 37 dk, tanpa merusak mesin sedikit pun.

Penulis/Foto: Popo

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa