Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bengkel Spesialis Motor Tua di Solo

Editor - Sabtu, 13 September 2008 | 10:15 WIB
No caption
No credit
No caption

Penggemar motor antik bikinan Eropa dan Amerika yang punya masa edar antara tahun 1940-1950, usah khawatir soal perbaikan. Pasalnya, Bengkel Pabelan di jalan Gatak II/43, Pabelan, Kartasura Solo sanggup menggarap motor-motor gaek macam BSA, Matchless, AJS, BMW, Horex, Zundapp, Harley Davidson dan lain sebagainya.

Bengkel yang dikomando trio bersaudara, yaitu Subekti Eko Nugroho, Joko Sudono dan Joko Purnomo, sanggup membuat sebuah motor antik yang tercerai berai menjadi utuh dan layak pakai. Mau order aliran retro klasik, vintage sampai custom dilayani.

“Kami terima order dari bikin sasis, panel-panel bodi serta membangun mesin. Kebanyakan ordernya untuk motor Eropa dan 4 tak. Namun untuk 2 tak pun oke,” buka Joko Sudono.

Semua berawal dari hobi lantas berlanjut jadi profesi yang dimulai tahun 2000. “Serta didasari kesulitan cari spare part. Karena itu, kami coba membuat sendiri beberapa komponennya. contohnya fender spatbor kami bikin, bahkan sampai sokbreker cangkrang atau springer yang saat ini lagi tren di komunitas motor antik. Bahannya dari pipa gas dengan ketebalan sesuai part asli. Untuk mesin kami siap pula merebuilt,” yakin ayah dari Alicia yang baru berusia 5 bulan.

Proses rebuilt engine juga menyeluruh dan berdasar pada manual book motor yang dimiliki. Namun bila komponen OEM (Original Equipment Manufacturer) sulit didapat, proses ’bandrek’ dilakukan. Sebut saja piston Matchless 350 cc bisa menggunakan piston mobil Fiat 1100.

Lantas bagaimana ongkosnya. “Sangat tergantung tingkat kesulitan. Untuk sasis ongkosnya berkisar Rp 3 juta sampai Rp 7 jutaan. Asesori seperti fender, stang, batok lampu dan lainnya berkisar Rp 3 juta sampai 5 jutaan. Kalau mesin ya antara Rp 1 juta sampai Rp 4 jutaan dan tergantung adanya spare part. Oh ya, soal waktu pengerjaan juga tak bisa diburu-buru.

Yang pasti motor jadi dan siap pakai touring,” promosi Joko lagi. “Kalau memang mau ngebangun motor dan tak repot, di situ memang tempatnya. Soalnya dari sasis bodi dan mesin bisa dirampungkan pada satu tempat saja. Selain itu ongkosnya masih masuk akal, ” bisik Erwin, biker penunggang HD lawas yang motornya hasil garapan mereka.

Bengkel Pabelan
Jln. Gatak II/43, Pabelan
Kartasura Solo
HP: 08562818024 (Joko Sudono)

Penulis/Foto: Gombak (Sisipan OTOBURSA)

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa