Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Ubahan Baru pada Mesin Pentastar V6

Kamis, 3 September 2015 | 09:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Detroit - Setelah merayakan produksi mesin ke 5 juta unit dalam 4 tahun, mesin Pentastar V6 akhirnya mendapatkan update di tahun ini. Mesin ini akan dipertahankan dalam beberapa tahun kedepan. Seperti apa penyempurnaannya?

Salah satu ubahan yang dilakukan adalah merevisi saluran intake yang dibuat untuk menarik udara masuk lebih banyak. Itu baru satu dari sekian banyak ubahan, namun diklaim sudah menyumbang perbaikan efisiensi mesin sampai 6 persen.

Ubahan lain meracik agar torsi putaran bawah yang disodorkan meningkat sampai 15 persen, dan blok mesin V6 dengan kemiringan 60 derajat, tetap terbuat dari alumunium. Tenaga yang ditawarkan jadi 295 dk, dibanding sebelumnya 290 dk.

Menariknya, semua ubahan yang dilakukan pada mesin tersebut tetap tanpa mengandalkan sistem injeksi langsung. Memang, injeksi langsung memungkinkan terjadinya peningkatan efisiensi bahan bakar dan performa, namun dalam jangka waktu lama akan menimbulkan masalah tersendiri.

Berdasarkan kasus-kasus yang sudah ada, sistem injeksi langsung bisa membuat ruang bakar lebih berkerak, terutama pada klep. Nah, ketika para insinyur diminta untuk membuat mesin lebih efisien dan berperforma, dan klep memainkan peranan penting, maka sistem injeksi langsung malah akan membuat masalah besar dikemudian hari.

Namun, mesin Pentastar V6 terbaru ini sudah disematkan fitur variable valve timing baru, yang memiliki teknologi torque-activated cam phasers. variable desain angkatan klep berubah, lebih efisien 2,7 persen karena dibuat lebih tinggi.

Dan lagi-lagi, gesekan mesin selalu menjadi fokus untuk terus diperbaiki. Karenanya, ring piston yang digunakan punya tegangan rendah, melapisi pin piston dengan serat karbon, dan menggunakan pegas baru untuk klep. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa