Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tiga Cara Benar Bersihkan Visor Helm

Dimas Pradopo - Minggu, 21 Juni 2015 | 16:30 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Kebersihan adalah sebagian dari iman, sama halnya dengan urusan visor atau kaca helm, soal kebersihan nomor satu. Nah, mumpung sedang menunggu waktu berbuka puasa. Yuk bersih-bersih, selain menambah pahala, juga bermanfaat meningkatkan keselamatan berkendara.

Umur pemakaian dan jarak tempuh, bisa bikin performa kaca atau mika pada helm menurun. Faktor cuaca, debu dan gesekan bisa memicu tumbuhnya jamur dan goresan-goresan atau baret pada permukaan peranti itu. Efeknya, mika atau kaca buram, sehingga mengganggu bidang pandang rider ke depan. Makanya, kaca helm perlu dibersihkan sesering mungkin.

Eit, perkara membersihkan mika helm emang gampang, tapi enggak serampangan dan asal dilap aja, lo. Artinya, harus hati-hati agar tidak merusak si mika. “Kaca atau mika helm, bisa dibilang komponen yang cukup mahal dan vital. Salah perlakuan, bisa bikin baret dan pandangan pun jadi bias kalau kena sorotan lampu, khususnya malam hari,” jelas Agus Hermawan, owner Juragan Helm di Jl. Panjang, Kebon Jeruk, Jakbar.

Intinya, hanya perlu waktu sekitar lima menit untuk membersihkan permukaan kaca helm. “Ingat, jangan mengelap permukaan mika saat kondisi kering. Hal ini pun dianjurkan produsen helm. Bersihin dulu pake air biar kotoran di permukaan helm terangkat. Setelah itu bilas dengan sabun,” imbuh pria yang kaca helmnya tetap awet selama 5 tahun ini.

Ikuti tiga langkah cara memberihkannya berikut ini;

No caption
No credit
No caption

1. Bilas seluruh permukaan kaca helm dengan air. Kaca helm berbahan dasar mika dan sangat sensitif, debu yang menempel dapat mengakibatkan baret pada saat pengelapan.

No caption
No credit
No caption

2. Selanjutnya bersihkan menggunakan sabun atau shampo, cukup pakai tangan (tanpa lap). Sebaiknya gunakan shampo yang mengandung silikon agar debu dan minyak pada permukaan kaca helm terangkat.


3. Setelah dibilas, keringkan secara perlahan dengan lap kain atau chamois. Untuk mendapatkan hasil maksimal gunakan lap yang berbahan microfiber.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa