Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Pasang Fog Lamp Ala Rally Style di Mobil

Denta - Kamis, 18 Juni 2015 | 16:55 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Salah satu komponen pendukung di eksterior mobil rally adalah fog lamp alias lampu kabut. Bukan lampu kabut saja sih, tapi lebih berfungsi ketika ada stage yang diadakan pada malam hari atau pada saat cuaca berkabut.

Nah, kalau mau ikut rally style dengan lampu tambahan ini, tak haram juga diaplikasikan di mobil harian. Apalagi yang sudah dimodifikasi rally look seperti yang dilakukan Almi Novanto pada Hyundai i20 miliknya. Sambil nunggu berbuka puasa kita ngabubutips dulu yuk...

No caption
No credit
No caption


Pria ini memasang dua buah fog lamp Hella di bumper depan. Asyiknya ia tidak merusak dan tidak melubangi sama sekali bumper atau bodi asli untuk pemasangannya. “Ada triknya, hehehe,” kekeh Almi. Gimana caranya tuh?

No caption
No credit
No caption


Sebelumnya ada beberapa piranti yang harus dibuat sendiri. “Buat pelat strip untuk dudukan fog lamp, kalau untuk i20 sekitar 50 cm panjangnya,” ujar Indra, mekanik dari bengkel M9 Station di kawasan Bintaro sektor 7, Tangsel, yang memasang lampu ini di mobil Almi.

No caption
No credit
No caption


Kemudian siapkan juga pelat untuk dudukan fog lamp yang nantinya dibentuk dan ukurannya sesuai yang dibutuhkan, setelah itu siapkan juga pelat stainless steel untuk pegangan ke bracket bumper supaya lebih kuat dudukannya.

No caption
No credit
No caption


Nah, karena fog lamp-nya masih menggunakan bohlam standar 55W, maka alternator tidak perlu diperbesar. “Untuk amannya pasang relay dan sekring tambahan agar tidak menyedot arus listrik langsung dari alternator. Selain itu kalau terjadi korsleting, pasti sekring dulu yang putus, lebih aman,” jelas Indra lagi. Selain itu relay juga membantu agar arus listrik lebih stabil.

No caption
No credit
No caption


“Kalau fog lamp-nya yang menggunakan bohlam berdaya tinggi seperti 100 W, mengakalinya agar alternator tidak tekor maka bisa dipasang, 1 fog lamp pakai 1 relay dan pasang switch tambahan. Jadi tidak perlu ikut ke switch lampu utama. Oh iya, pastikan juga rumah relay-nya harus yang bagus,” jelasnya.



Selain itu kabelnya juga harus yang bagus dan tahan panas, biasanya harganya sedikit lebih mahal. “Harganya sekitar Rp 5.000/m,” tuturnya. Dimulai dengan pasang pelat strip tadi di bagian bawah radiator dengan baut 12 mm (gbr. 1), setelah itu bentuk pelat untuk dudukan fog lamp tadi dengan dipanasi.

Setelah jadi, bor untuk baut pegangan ke bracket bumper dan pegangan fog lamp. Pelat stainless dipasang untuk memperkuat dudukan fog lamp agar lebih mantap (gbr.2).

Pasang kabel, sekring tambahan, dan relay (gbr.3), selanjutnya pasang juga switch fog lamp di dasbor (gbr.4). Lanjutkan dengan memasang fog lamp-nya setelah kabel dipasang (gbr.5). Nah, saat memasang kabel, pastikan juga seluruh sambungan telah diikat erat dan ditutup isolasi listrik rapat untuk mencegah arus pendek.

Terakhir, kencangkan semua baut dan pastikan semua menyala (gbr.6). Keren kan? • (otomotifnet.com)

Editor : Denta

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa