Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Spesifikasi Teknis Kawasaki Ninja H2R, Versi Racing Dari Ninja H2

Dimas Pradopo - Rabu, 1 Oktober 2014 | 00:18 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Cologne - Seperti sudah dirilis sebelumnya, Kawasaki Ninja H2 yang kita lihat untuk pertama kalinya di Intermot Motorcycle Fair Cologne 2014 adalah Kawasaki Ninja H2R. Versi racing dengan optional performa, sedang tampang standarnya, Ninja H2 digosipkan baru akan rilis di Eicma, Milan bulan depan.

Meski begitu, tidak ada salahnya kita lihat spesifikasi teknis dari motor ini. Pastinya secara spesifikasi tidak akan banyak berubah. Seperti mesin misalnya, motor ini mengusung mesin empat silinder segaris dengan kapasitas ruang bakar 998cc.

Diklaim bisa ngebut hingga 321,87 km/jam dan memiliki output power hingga 296 dk. Coba bandingan dengan mesin yang setara, BMW S1000RR yang juga dibekali mesin empat silinder segaris, powernya cuma 199 dk. Tentunya peningkatan tenaga yang sangat signifikan ini berkat diaplikasikannya supercharger tipe centrifugal scroll, perangkat penambah suplai udara yang lazim digunakan pada mesin mobil.

Yang mengagetkan, power yang sangat besar itu dipasang di rangka tipe trellis. Padahal sejak awal meyakini deltabox akan dipilih oleh Kawasaki. Meski begitu Kawasaki tentunya telah memperhitungkan kekuatan dari sasis yang dipilihnya tersebut. Kaki belakang motor ini juga menarik karena mengandalkan single swing arm, makin eksotis bro!

Gokilnya lagi, Kawasaki tidak lantas mendesain motor ini dengan wheel base panjang agar stabilitas dari tenaga yang besar bisa diraih. Wheelbase-nya tetap kompak untuk mendapatkan kemampuan menikung yang baik.


Urusan desain bodi tentunya menjadi penting untuk motor sekencang ini, dibantu Aerospace Company yang dimiliki Kawasaki Heavy Industry (KHI), dibuatlah desain yang simpel dengan beberapa sayap yang bentuknya menarik. Bukan untuk menambah down force, sayap ini fungsinya untuk mengatur aliran udara agar mampu mendinginkan perangkat supercharger sehingga mesin selalu bekerja pada kondisi optimal.

Untuk perangkat elektroniknya, Kawasaki membekali motor ini dengan quickshifter juga traction control system. Sedang untuk suspensinya belum diketahui, apakah pabrikan yang identik dengan warna hijau ini juga menempelkan suspensi semi-active atau electronic.

Jadi makin penasaran seperti apa bentuk versi jalanannya ya! (motor.otomotifnet.com)

Engine Type: Supercharged liquid-cooled inline-four
Displacement: 998cc
Supercharger Type: Centrifugal, scroll-type
Maximum Power: 296bhp
Maximum Speed: 321,87 kph
Frame Type:  Trellis, high-tensile steel
Swing Arm: Single-sided
Tyres: F: 120/600R17 Bridgestone V01 slick
Tyres: R: 190/650R17 Bridgestone V01 slick


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa