Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Kampas Rem Bendix General CT, Langsung Ngeplak

Bagja - Rabu, 17 September 2014 | 08:33 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta – Program Long Term Test produk aftermarket Hella dan Bendix yang dihelat OTOMOTIFNET.COM sudah memasuki babak akhir. Pada salah satu komponen yang dites, kampas rem Bendix General CT pun dilakukan inspeksi akhir untuk mengetahui kondisinya. Untuk itu, dilakukan proses bongkar pasang. Ternyata sangat mudah, lho!

Itu karena kampas rem Bendix dibuat persis dengan spesifikasi komponen OEM (Original Equipment Manufacturer). Seperti diutarakan Timmy, Marketing Manager PT Sumber Berkat Pratama, pemasangan langsung ngeplak dan tidak merusak piringan alias cakram.

Proses pembongkaran dilakukan lebih dulu dengan membuka roda depan. Tampaklah peranti pengereman depan Toyota Avanza. Untuk membuka kampas rem, cukup dengan melepas satu baut pemegang kaliper rem. Setelah baut pemegang kaliper terlepas, kepala babi rem itu pun bisa digeser ke atas dan tampaklah kampas rem yang terpegang oleh klip di rumah kaliper.

Proses buka pasang kampas rem pun sangat mudah, tinggal tarik kampas rem asli Avanza dari dudukannya. Lalu untuk memasang kampas rem Bendix General CT, tinggal selipkan di posisi kampas asli. Langsung ngeplak! Yap, kampas rem Bendix ini sama persis bentuk dan dimensinya dengan komponen orisinal.

Gampang kan pemasangan kampas rem ini? O iya, kalau sekiranya terlalu sulit memasang kembali kaliper, berarti harus sedikit mendorong piston rem kembali masuk ke dalam. Hal ini karena kampas yang digantikan sudah terkikis dan kampas baru yang dipasang masih tebal.

Kinerja kampas rem Bendix General CT ini pun sudah terbukti. Uji ketebalan dari 10 mm, dipakai sejauh 10.000 km terpakai 3 mm dan masih tersisa 7 mm tanpa melukai piringan remnya. Sedangkan performa pengereman Avanza pun lebih baik. Tes pengereman dengan Racelogic Driftbox, tercatat jarak pengereman dengan Bendix 41,9 meter, lebih dekat dari standarnya 43 meter. (mobil.otomotifnet,com)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa