Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kampas Rem Bendix Lebih Pakem, Jarak Pengereman Terpangkas 1,1 Meter

Bagja - Jumat, 12 September 2014 | 17:32 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta – Program Long Term Test yang dilakukan OTOMOTIFNET terhadap beberapa komponen aftermarket Hella dan Bendix, salah satunya adalah kampas rem Bendix General CT. Kampas rem Bendix ini punya berbagai bentuk yang sesuai dengan komponen orisinal ngeplak dengan sistem rem mobil kesayangan.

Dalam pengujian ini, digunakan Toyota Avanza Veloz, mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kampas rem Bendix pun terpasang sempurna pada kaliper rem Avanza. Performanya sudah dirasakan OTOMOTIFNET sepanjang perjalanan pada saat musim mudik ke arah Surabaya.

Kampas rem Bendix pun tetap prima melayani jalur Puncak dengan karakter jalan naik turun dengan disertai macet yang cukup panjang. Dipakai pada Avanza Veloz bertransmisi otomatis, performanya tetap mumpuni.

Nah, biar lebih afdol, juga dilakukan pengukuran jarak pengereman dari kampas rem Bendix ini. Ternyata, hasilnya bisa memangkas jarak pengereman 1,1 meter dibanding kampas rem standar.

Sebelum diganti, terlebih dulu dilakukan tes pengereman terhadap kampas rem standar bawaan mobil. Tes dilakukan pada malam hari dengan melakukan pengereman keras dari kecepatan 100 km/jam pada tempat yang sama. Tak perlu teknik khusus untuk pengereman mengingat Avanza Veloz sudah dilengkapi ABS (Antilock Braking System) yang mencegah roda mengunci.

Data diukur dengan menggunakan alat ukur performa Racelogic Driftbox yang mampu mengukur akselerasi maupun pengereman. Data pengereman kampas standar menunjukkan jarak pengereman 43 meter dengan waktu 3,2 detik dan gaya yang dirasakan sebesar 1 G.

Sedangkan kampas rem Bendix terukur butuh jarak 41,9 meter dengan waktu 3,0 detik. Artinya, ada selisih jarak 1,1 meter antara kampas standar. Alhasil, Bendix tak hanya bisa menjadi komponen pengganti, justru memberikan hasil yang lebih baik. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa