Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Power Outlet di Mobil Mati? Yuk Perbaiki Sambil Ngabuburit

Bagja - Minggu, 5 Juli 2015 | 16:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Arik Ariati sempat uring-uringan. Saat perjalanan liburan Lebaran, tiba-tiba power outlet di Toyota Kijang Innova miliknya tak berfungsi. Padahal baterai ponselnya sudah menunjukkan indikator akan habis.

Arik adalah salah satu bukti bahwa masyarakat modern makin tak bisa lepas dari gadget. Tak hanya di kantor atau di rumah, bahkan saat di dalam mobil. Biar tetap bisa menggunakannya, kondisi baterai harus tetap penuh.

Sadar akan kebutuhan ini, semua Agen Pemegang Merek (APM) melengkapi lighter pada semua varian yang dipasarkan. Bahkan untuk tipe terbaru tak hanya satu, bahkan sampai dua bahkan tiga.

Lighter atau power outlet mengalirkan listrik 12 Volt dari aki yang bisa digunakan untuk mengisi baterai ponsel maupun gadget lainnya. Makanya ketika power outlet tak lagi mengalirkan arus listrik,berarti ada masalah.

Solusi paling pertama adalah mengecek kondisi sekringnya. Sekring bertugas memutus arus apabila beban listrik yang melewatinya lebih besar dari batas aman. Ditandai dengan putusnya kawat di dalam sekring.

Solusinya ya harus diganti. Tapi meski terlihat simpel ternyata masih banyak yang belum tahu letaknya. "Banyak yang mengira letak sekring di boks sekring di ruang mesin. Padahal letaknya ada di dalam kabin," tegas Muhammad Rachmat, pemilik bengkel Perdana Motor yang buka di Pakusari, Jember, Jawa Timur.

Selain itu, kode sekring power outlet di setiap mobil pun berbeda. Seperti pada Innova, diberi nama Cig, kependekan dari cigarette. Atau pada Luxio yang diberi kode Acc.


Yuk kita coba pada Kijang Innova: 

1.Pertama buka boks sekring utama yang terdapat di ruang mesin. Bukan untuk memeriksa sekring, tapi mengambil penjepit sekring.Penjepit ini untuk memudahkan mengambil sekring dari tempatnya. 

2.Kemudian carilah boks sekring yang berada di kabin. Letaknya persis di bawah kemudi.

3.Untuk membukanya, tarik menggunakan dua tangan secara berbarengan dan perlahan. Jangan terlalu dipaksa karena bisa merusak pengaitnya.

4.Di balik tutup sekering terdapat diagram letak, kapasitas dan fungsi masing-masing sekring. Pada Innova, power outlet dinamai dengan Cig. Terdapat pada urutan 3 dengan ukuran 15 Ampere.

5.Lepas sekring menggunakan penjepit. Bila sekring putus ganti dengan baru. Masukkan sekring baru dengan cara mendorongnya hingga terdengar bunyi tik.

Kini power outlet sudah bisa digunakan kembali. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa