Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ngabuburit Sambil Bikin Sendiri Mud Flap Bergaya Rally

Otomotifnet - Minggu, 21 Juni 2015 | 16:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta
  - Tren rally style yang makin marak di Tanah Air membuat semakin banyak yang mendandani besutannya menjadi kendaraan pembelah berbagai medan tersebut. Namun enggak harus modifikasi komponen reli asli seperti coilover hingga sentuhan mesin. Variasi rally style  biasanya hanya bersifat kosmetik agar tetap bisa dipakai harian. Sambil nunggu beduk berbuka puasa, pembuatannya bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut tahapannya.

No caption
No credit
No caption

Untuk mempermudah pengerjaan, sebaiknya gunakan mud guard standar mobil sebagai cetakan. Kemudian letakkan sisi rata  mud guard menghadap ke bahan yang akan dibuat, baik itu PU, busa hati maupun fiber.


Salah satu yang paling banyak digarap adalah pemasangan mud flap rally, karena bersifat simpel dan cukup menarik  perhatian. Meskipun mudah, bukan berarti pemasangannya tidak perlu merogoh kantong loh ya. "Kalau aslinya, beli lembaran polyurethane impor dari Inggris bisa mencapai Rp 3-5 jutaan," jelas Rifat Sungkar,  pembalap nasional Indonesia yang lama berkecimpung di dunia reli.

No caption
No credit
No caption

Menggunakan spidol, gambar sisi dalam mud guard ke bahan yang digunakan. Lalu agar bergaya seperti mud flap rally sungguhan, sisi luar dan bawahnya bisa digambar dengan dilebihkan panjangnya sesuai selera. Selama tidak menyentuh tanah yaa...Oh iya, jangan lupa memberi titik pada lubang baut mud guard aslinya.


Kenapa bisa mahal ya? Jelas saja, fungsinya di dunia reli sangat krusial, yaitu untuk menahan lontaran batu hingga  lumpur dari putaran ban."Kalau reli kan penontonnya dari jarak dekat, jadi pakai mud flap besar itu supaya muntahannya tidak kena penonton.  Kalau pakai yang murah nanti cepat sobek," ujar Wie Wie Rianto, mekanik Firna Protechnik.

No caption
No credit
No caption


Kemudian hasil cetakan tadi dipotong menggunakan gunting maupun cutter, sedangkan untuk lubang baut bisa menggunakan bor portable.

Sebagai alternatif, ternyata tidak sulit untuk membuat sendiri kepet ini. Yang dibutuhkan hanya bahan-bahan utama  untuk mud flap, mud guard standar sebagai cetakan, alat untuk memotong, alat pengukur dan beberapa baut. Yuk, cek  cara pembuatannya. • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Setelah jadi, maka mud flap tersebut bisa dihias sesuai selera masing-masing. Untuk bahan PU, dapat menggunakan cat  semprot primer terlebih dahulu sebelum menggunakan warna yang diinginkan. Hiasan seperti sticker dan alumunium stripe di ujung bawah juga dapat digunakan agar kesan reli makin kental.


Menggunakan baut untuk mud guard standar, tempelkan mud flap baru di dudukan aslinya.


PILIHAN MATERIAL

Mud flap rally asli menggunakan bahan polyurethane (PU) dengan ketebalan tertentu. Bahan ini dipilih karena  kelenturan dan ketahanannya terhadap batu-batu dan lumpur, sehingga tidak cepat rusak. "Kalau untuk reli beneran,  biasanya pakai PU yang ketebalannya 4-5 mm, itu memang mahal gulungannya," jelas Wie Wie.

Nah kalau untuk pemakaian sehari-hari saja, bisa incar PU yang lebih tipis. Untuk yang ketebalan 1 mm misalnya,  dibanderol Rp 250 ribu dengan ukuran 300 cm x 60 cm. Resikonya, tentu akan lebih terpengaruh hembusan angin di kecepatan tinggi dan menimbulkan suara berisik.

Bisa juga menggunakan material busa hati untuk ukuran kendaraan yang lebih besar. Ketebalannya pun bervariasi, OTOMOTIF coba menggunakan yang 5 mm dengan harga Rp 45 ribu untuk ukuran 200 cm x 60 cm. Kemudian bahan fiber juga dapat digunakan, misalnya dengan ketebalan 2-3 mm. Bahan ini cenderung bersifat lebih kaku dibanding kedua lainnya



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa