Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Baru 2015, Proton Iriz Segera Hadir

Dimas Pradopo - Rabu, 28 Januari 2015 | 11:14 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Bagi yang berencana membeli atau menukar kendaraan lama dengan mobil atau motor baru di tahun ini, kayaknya waktu yang tepat nih. Karena pabrikan dan importir resmi mobil maupun motor akan mengeluarkan model-model baru yang tak kalah meriahnya dibanding tahun lalu.

Baik berupa produk penyegaran alias facelift, minor change, major change ataupun model baru yang memang belum pernah mengaspal di Tanah Air. Kalau menilik data penjualan yang dilansir oleh Gaikindo dan AISI (wholesales) tahun lalu bisa disimpulkan potensi pasar kendaraan bermotor di negeri tercinta ini masih terbilang cukup besar.

Meskipun penjualan tahun lalu drop dibanding tahun 2013 lalu loh.Setelah dihitung-hitung, tahun ini terdapat sebanyak 100 model mobil dan motor baru yang bakal meramaikan showroom di kota-kota Anda di seluruh Indonesia. Banyak ya?

Sebut saja yang telah diluncurkan beberapa jam setelah tabloid ini terbit di wilayah Pulau Jawa adalah New Honda CR-V untuk mobil dan motornya Honda Vario 150 eSP. Setelah itu menyusul Mitsubishi Mirage yang mengalami facelift. Lalu ada Honda HR-V, Toyota RAV-4, Suzuki Celerio, All New Nissan Serena facelift, Navara, dan puluhan model yang bergiliran akan diluncurkan.

Pun begitu dengan roda dua. Kelar Honda Vario 150 eSP, ada Honda Vision, ‘bebek super’ Honda dan belasan varian baru dari pabrikan Garpu Tala tersebut. Kalau Yamaha akan meluncurkan Soul GT dengan teknologi mesin barunya, Exciter dan lainnya. Kawasaki tahun ini lebih fokus ke motor trailnya, salah satunya akan menghadirkan KLX 450R dan Versys facelift.

Dari brand lain, ada Zero Motorcycle yang siap menyuguhkan motor listrik premiumnya. Lantas, TVS Apache 160 dan 200 bakal kena perubahan juga. Merek lainnya? Silakan langsung saja kebet halaman 28 sampai dengan halaman 38. Karena di edisi ini, kami menyuguhkan edisi khusus yang mengulas soal mobil dan motor baru tahun 2015.

So, buat Anda yang memang berencana membeli mobil atau motor anyar, monggo dikebet dulu contekannya. Siapa tahu, bisa menjadi referensi buat memilih dan enggak salah dalam menentukan pilihan kendaraan di rumah. Selamat menyontek dan memilih! •(otomotifnet.com)



Sebagai pendatang baru, Proton terus menghadirkan produk-produk terbarunya.

Telah mengakuisisi pabrikan mobil asal Inggris, Lotus, menjadi nilai tambah tersendiri bagi Proton. Pengembangan mobil terutama untuk handling serta kenyamanan terus digarap oleh Lotus. Menghasilkan produk-produk yang memberi kenyamanan dan handling sangat baik.

No caption
No credit
No caption

Mesin berkapasitas 1.300 di Iriz diklaim cukup efisien namun bertenaga


Setelah Proton Exora Prime, Preve dan Suprima S hadir di Indonesia dengan membawa serta ‘rasa' Inggris tersebut, tak lama lagi akan hadir produk terbaru. "Kita akan mendatangkan utuh Proton Iriz," jelas Winara Arigayo, Head of Sales and Marketing Division, PT Proton Edar Indonesia.

No caption
No credit
No caption

Proton Iriz semakin melengkapi pilihan hatchback untuk konsumen Indonesia


Iriz memiliki dimensi yang relatif sama dengan kebanyakan hatchback di Indonesia. Secara tampilan luar terbilang mirip dengan Daihatsu Sirion atau Perodua MyVi jika di Malaysia. Namun, "Ini merupakan platform baru. Ada kemungkinan bisa dikembangkan ke model lain," tambahnya.

Produk Proton lainnya tidak alami ubahan


Postur tubuh Iriz memiliki panjang nyaris 4 meter, dengan lebar sekitar 1,7 meter dan tinggi 1,5 meter. Cukup kompak memang dan cocok untuk konsumsi dalam kota. PEI akan mendatangkan utuh dari Malaysia. Meski diakui akan ada sedikit penyesuaian mengenai fitur, tapi secara keseluruhan tidak jauh berbeda.

 Jika demikian, maka IRiz ini akan dilengkapi dengan beragam fitur menarik yang mungkin tidak ada di kelasnya. Seperti Vehicle Dynamic Control (VDC), hill-hold assist, immobilizer dan lainnya. Sementara itu, untuk mesin didatangkan yang berkapasitas 1.300 cc. Diimbuhi dengan teknologi Campro yang diklaim memiliki performa baik dan efisien.

Terdapat juga dua pilihan transmisi di Iriz, yakni CVT serta manual. Menariknya, dengan berbagai teknologi tersebut, rencananya compact car ini akan dijual cukup terjangkau. "Harganya sekitar varian LCGC. Berkisar Rp 120-150 juta. Tapi untuk pastinya, akan diumumkan saat launching," jelasnya.

Bukan itu saja, PT PEI juga akan melakukan peremajaan pada varian Exora Star. Kemunculannya diperkirakan pada kuartal kedua. Bagian yang akan dilakukan peremajaan sampai saat ini masih dalam penggodokan. • (otomotifnet.com)



Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa