Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil baru 2015, Suzuki Akan Andalkan Celerio

Dimas Pradopo - Jumat, 30 Januari 2015 | 14:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Jakarta - Bagi yang berencana membeli atau menukar kendaraan lama dengan mobil atau motor baru di tahun ini, kayaknya waktu yang tepat nih.Karena pabrikan dan importir resmi mobil maupun motor akan mengeluarkan model-model baru yang tak kalah meriahnya dibanding tahun lalu.

Baik berupa produk penyegaran alias facelift, minor change, major change ataupun model baru yang memang belum pernah mengaspal di Tanah Air.Kalau menilik data penjualan yang dilansir oleh Gaikindo dan AISI (wholesales) tahun lalu bisa disimpulkan potensi pasar kendaraan bermotor di negeri tercinta ini masih terbilang cukup besar. Meskipun penjualan tahun lalu drop dibanding tahun 2013 lalu loh.

Setelah dihitung-hitung, tahun ini terdapat sebanyak 100 model mobil dan motor baru yang bakal meramaikan showroom di kota-kota Anda di seluruh Indonesia. Banyak ya? Sebut saja yang telah diluncurkan beberapa jam setelah tabloid ini terbit di wilayah Pulau Jawa adalah New Honda CR-V untuk mobil dan motornya Honda Vario 150 eSP.

Setelah itu menyusul Mitsubishi Mirage yang mengalami facelift. Lalu ada Honda HR-V, Toyota RAV-4, Suzuki Celerio, All New Nissan Serena facelift, Navara, dan puluhan model yang bergiliran akan diluncurkan. Pun begitu dengan roda dua. Kelar Honda Vario 150 eSP, ada Honda Vision, ‘bebek super’ Honda dan belasan varian baru dari pabrikan Garpu Tala tersebut.

Kalau Yamaha akan meluncurkan Soul GT dengan teknologi mesin barunya, Exciter dan lainnya. Kawasaki tahun ini lebih fokus ke motor trailnya, salah satunya akan menghadirkan KLX 450R dan Versys facelift. Dari brand lain, ada Zero Motorcycle yang siap menyuguhkan motor listrik premiumnya. Lantas, TVS Apache 160 dan 200 bakal kena perubahan juga.

Merek lainnya? Silakan langsung saja kebet halaman 28 sampai dengan halaman 38. Karena di edisi ini, kami menyuguhkan edisi khusus yang mengulas soal mobil dan motor baru tahun 2015. So, buat Anda yang memang berencana membeli mobil atau motor anyar, monggo dikebet dulu contekannya. Siapa tahu, bisa menjadi referensi buat memilih dan enggak salah dalam menentukan pilihan kendaraan di rumah. Selamat menyontek dan memilih! •(otomotifnet.com)



Suzuki 
Celerio jadi andalan

Kendati tidak sebanyak tahun lalu, Suzuki telah menyiapkan 3 andalan barunya. Salah satunya Celerio Agak berbeda dengan tahun lalu dimana PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), selaku APM mobil Suzuki di Indonesia cukup banyak menelurkan produk-produk barunya. Di tahun 2015 ini, SIS hanya menghadirkan 3 varian yang merupakan model gres.

No caption
No credit
No caption

Suzuki Ciaz, sang penerus Baleno telah dipersiapkan di akhir tahun


Yang paling diandalkan di tahun Kambing ini adalah produk city car. Kalau Anda pernah berkunjung ke booth Suzuki di gelaran IIMS (Indonesia International Motor Show), September 2014 lalu, pasti menyaksikan Suzuki Celerio berwarna kuning kehijauan (Sunshine Ray).

No caption
No credit
No caption

Buat yang nunggu Suzuki SX-4 S-Cross Maaf belum tahun ini!


Ya, itu dia yang menjadi andalan Suzuki tahun ini. “Rencananya kita luncurkan di kuartal 2,” jelas Davy J. Tuilan, 4W Sales, Marketing & DND Director PT SIS saat dikonfirmasi (12/1). Kalau membaca spesifikasi mobil di Maruti Suzuki, Celerio mengusung mesin yang sama dengan Suzuki Karimun Wagon R. Yakni, tipe K10B dengan spek 3 silinder DOHC 12 katup berkapasitas 998 cc.

No caption
No credit
No caption

Karimun Wagon R transmisi otomatis masih terus digodok


Nah, untuk girboknya, Suzuki menggunakan teknologi terkini yang disebut EZ Drive. Dimana selain manual 5 percepatan juga disuguhkan transmisi otomatis yang dijuluki Auto Gear Shift. Diklaim keduanya dapat menghasilkan konsumsi yang lebih efisien.

Suguhkan transmisi manual plus bisa dioperasikan secara otomatis juga


Namun Davy mengkonfirmasi belum kepastian kalau Auto Gear Shift masuk sini. Tapi yang pasti ada transmisi manual dan otomatis,” imbuh pria yang doyan fotografi ini. Soal harga, Celerio akan diset di atas banderol Suzuki Splash (M/T Rp 150,5 juta dan A/T Rp 167,5 juta). Loh bukannya jadi pengganti Splash?

 “Tidak tidak, Splash masih tetap ada. Kalau harga Celerio belum diputuskan. Pastinya tidak satu kelas dengan Splash, ada di atas Splash,” ujar Davy. Ooww.. oke. Selain Celerio, PT SIS pun sedang menyiapkan calon pengganti Suzuki Baleno yang sudah berhenti produksi dan jualan sejak tahun 2010.

Yes, namanya kalau di India ataupun negara lain yaitu Suzuki Ciaz. Mid sedan ini memang dirancang sebagai penerus sedan SX-4, kalau di Indonesia dikenal dengan Neo Baleno. Ciaz mengusung K14B engine mirip dengan yang dipakai di All New Suzuki Swift dengan spek 4 silinder DOHC berkapasitas 1.343 cc. Transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Ketika ditanya jadwal peluncurannya, Davy belum bisa memastikan. “Kemungkinan akhir tahun. Karena kita masih lihat dulu apakah pas di akhir tahun atau awal tahun 2016,” bebernya. Satu lagi model baru yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia adalah Karimun Wagon R bertransmisi otomatis.

Sebab LCGC ini baru dihadirkan versi manualnya. “Belum pasti, kita masih pelajari. Akan bisa tambah berapa jualannya (versi otomatis, red),” ujar Davy lagi. Siap-siap....• (otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa