Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Chevrolet Trailblazer, Besar dan BUAS

Bagja - Sabtu, 13 September 2014 | 15:05 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption


Tinggi, besar dan buas. Itulah gambaran kami sekeluargakepada SUV Amerika seharga Rp 579,3 juta ini. Posisi duduknya tinggi, sehingga membuat pandangan mata ke jalan sangat leluasa.

“Enak, lega,” sahut Nurman, putra saya kelas 3 SMP. Namun rada keder juga ketika berhenti di traffic light dan dikelilingi motor-motor yang bersliweran. Yang terlihat hanya helmnya saja. Bukannya takut nabrak, tapi ngeri diserempet. 

No caption
No credit
No caption

Semua tombol bisa difungsikan dengan satu jari

Suasana jalan Bintaro - tol JORR pagi itu agak lengang. Sesekali saya iseng di depan anak-istri dengan tiba-tiba melakukan kick down. Tiba-tiba mobil meraung dan melesat cepat. Mereka berdua pun penasaran. Saya jelaskan kalau SUV ini menggotong mesin diesel Duramax 2.8 liter berkonfigurasi 4 silinder dan 16 katup per silinder.  Itu menghasilkan 180 DK dan torsi 470 Nm pada putaran 2.000 RPM. Tenaganya teruji dengan baik saat melibas beberapa tanjakan kawasan Jonggol.

No caption
No credit
No caption

 
Horse power gede tapi irit

Namun mesin bertenaga besar ini sangat efisien dalampenggunaan BBM karena menggunakan sistem injeksi BBM langsung. Apalagi setelah diisi Pertamina DEX, getaran mesin terbilang halus. Ketika diambil oleh teknisinya, mereka pun sempat mengatakan kalau mobil berbodi bongsor ini sangat irit untuk ukurannya. “Satu lagi pak, kalau salah satu ban kempis mobil tetap stabil enggak ngesot meski angin di ban benar-benar habis.”


Tanggung banget cuma ke Cianjur

Tombol-tombol fungsi yang ada sangat ergonomis. Mulai dari sistem kontrol audio, tombol untuk menelepon via Bluetoothdan cruise control yang semuanya dipasang di roda kemudi. Ada juga kontrol kursi elektrik untuk memudahkan mengatur posisi duduk. Semua bisa dilakukan dengan satu tekanan tombol di jari.

Begitupun mode gerak empat roda (4WD) bisa diatur secara elektronis dari posisi gerak dua roda (2WD) ke posisi 4WD kecepatan tinggi (Hi) maupun 4WD kecepatan rendah(Lo). Tombol kontrolnya diletakkan pada posisi yang pas dan mudah dijangkau oleh pengemudi sehingga memudahkan penggunaan fungsi tersebut. (mobil.otomotifnet.com)


DATA SPESIFIKASI:

Mesin:  DOHC, Common-rail direct injection, variable geometry turbocharger dengan intercooler Kapasitas :  2.776 cc Tenaga maksimum :  180 dk/3.800 rpm Torsi maksimum :  470 Nm/2.000 rpm Dimensi (pxlxt) :  4,878 x 2,132 x 1,831 mm Hasil Test Akselerasi  0-60 km/jam :  4,3 detik 0-100 km/jam :  10,2 detik 40-80 km/jam :  4,7 detik 402 m :  17,3 detik Konsumsi (Liter:kilometer) Dalam Kota :  1:8,4 Luar Kota  :  1:10,5 Konstan  :  1:12,82




Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa