Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BMW 320d, Mesin Diesel Rasa Bensin

Bagja - Sabtu, 13 September 2014 | 17:12 WIB
No caption
No credit
No caption



No caption
No credit
No caption

 
“Mobil ini benar bermesin diesel?”

Itulah tanggapan Brian Bayu Sukmana. SE Retail Jabodetabek PT Pertamina (Persero) Unit Lubricants saat OTOMOTIF menyerahkan sebuah BMW 320d untuk dikendarai dalam acara tahun kedua OTOMOTIF Diesel Day Family Gathering lalu (5-6/9) dari Jakarta menuju Cianjur

Menurut Brian, mobil mesin diesel yang dikenal selama ini diwujudkan dalam sosok yang kotor, menyemburkan asap hitam serta mesin yang lemot dalam berakselerasi. Tapi, semua anggapan itu sirna ketika menjajal langsung varian termewah yang ikut dalam OTOMOTIF Diesel Day 2014.

No caption
No credit
No caption

 
Mesin 2.0 L common rail diesel direct injection dipadu turbocharger Variable Turbine Geometry, bikin tenaga melimpah

BMW 320d merupakan sedan bermesin diesel pertama di Indonesia. Dibekali teknologi BMW TwinPower Turbo Diesel yang sudah terbukti ketangguhannya di berbagai belahan dunia. Mesin empat silinder berkapasitas 2.0 liter, menganut common rail system direct injection yang dikembangkan Bosch. Masih ditambah lagi turbocharger dengan Variable Turbine Geometry (VGT).

No caption
No credit
No caption

 
Brian Bayu Sukmana (kiri). BMW mengubah paradigma bahwa mesin diesel itu lemot

Diklaim memuntahkan tenaga maksimum hingga 184 DK di 4.000 RPM. “Pantas saja, tenaganya sangat melimpah saat dicoba di tol Jagorawi. Akselerasinya dahsyat. Saya masih tidak percaya kalau mobil ini bermesin diesel. Untuk menggapai kecepatan 100 kpj sangat cepat dan hanya perlu 1.500 RPM,” tegas Brian. Apalagi dikombinasi dengan transmisi 8-percepatan otomatis (AT) dengan 3 pilihan mode berkendara (Eco Pro, Comfort dan Sport). Perpindahan giginya responsif dan tanpa hentakan.

No caption
No credit
No caption

 
Diesel Pertamina DEX jadi pasangan sempurna

Tak hanya di jalan bebas hambatan, ketika memasuki jalanan menanjak di Puncak, Bogor pun tak menemui kendala berarti. Dengan torsi puncak mencapai 380 Nm pada putaran mesin antara 1.750-2.750 RPM, membuat sedan peminum Pertamina DEX ini masih lincah bermanuver di tanjakan.



Dan sekali lagi, “Saat di kabin, saya tidak merasakan getaran dan noise dari luar. Senyap. Benar-benar serasa naik BMW bermesin gasoline,” tutup pria ramah ini.

Table: Mesin:  Turbocharge diesel, 4 silinder segaris DOHC 4 valve per silinder Kapasitas:  1.995 cc Tenaga maksimum:  184 DK @ 4.000 RPM Torsi maksimum:  380 Nm @ 1.750– 2.750 RPM


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa