Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perjalanan Turing Jakarta-Bondowoso, 5 Komponen Tak Kalah Dari OEM

Dimas Pradopo - Senin, 11 Agustus 2014 | 10:25 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Untuk membuktikan ketangguhan produk Hella seperti klakson, lampu dan wiper serta kampas rem Bendix, PT Sumber Berkat bekerja sama dengan OTOMOTIF menguji dengan metode Long Term Test selama dua bulan dan menempuh jarak 10.000 km.

Salah satu trip yang dilakukan adalah melintasi sebagian pulau Jawa, mulai dari Jakarta hingga ke Bondowoso, Jatim pulang-pergi (4-10/07). Rute yang dipilih melintasi kota dan berbagai lokasi wisata. Di antaranya Semarang, Pasuruan (Bromo),

Bondowoso (Ijen), Malang dan Yogyakarta sejauh 2.550 km. Perjalanan ini adalah uji coba jarak jauh yang kedua setelah sebelumnya digunakan mudik lebaran. Perbedaan kondisi lingkungan menjadi salah satu yang menarik disorot. Saat digunakan mudik lebaran, jalanan pasti macet dan jarang dipacu dalam kecepatan tinggi. Sedang pada perjalanan kedua ini lebih banyak berjibaku dengan kondisi jalanan normal.

Hasilnya, terbukti kualitas produk tersebut tak kalah dari milik OEM. Misalkan wiper tipe Hybrid keluaran Hella yang mumpuni untuk menyapu air kala hujan maupun gerimis. Rombongan yang sepanjang perjalanan dari kota Batang menuju Semarang dikawal badai, tak ragu melanjutkan petualangan karena pandangan yang bersih.

Suara klakson Hella tipe Blue Tone juga nyaring, namun tidak memekakkan telinga. Cukup sekali tekan, truk-truk di jalur Semarang - Pasuruan, rela sedikit menepi untuk memberi jalan bagi rombongan.

Selanjutnya, lampu Hella yang bertipe H4 yang memiliki kemampuan mumpuni dalam membelah kegelapan malam dalam perjalanan 7 hari 6 malam tersebut. Cahaya lampu lebih tajam, namun sorotnya tidak menyilaukan. Untuk menembus wilayah berkabut dan berdebu seperti rute Bromo dan Desa Jampit di Ijen, Bondowoso sukses dilalui.


Rute perjalanan antar-kota yang dilalui tak membuat tenaga mesin All New Toyota Avanza Veloz yang dipakai loyo. Ini berkat aplikasi busi iridium Hella. Padahal rute yang dilalui terbilang menantang. Mulai dari jalan tol lintas Pantura, dari Jakarta hingga Pejagan yang dilalui dengan kecepatan tinggi.

Trek penuh tanjakan dan tikungan dari Pasuruan ke Bromo. Atau kondisi jalan macet di kota-kota besar Pulau Jawa, kondisi mesin tetap normal tuh.

Saat pulang, rombongan memilih rute Malang-Yogyakarta via Magetan yang kondisinya berbukit, dihiasi tikungan tajam. Hal ini menjadi ujian kampas rem Bendix yang sudah dipakai ribuan kilometer. Hasilnya memuaskan dan terbukti tetap pakem seperti saat pertama kali dipakai. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa