Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

KIA All New Carens Best Mid MPV, Pertama Kali Kalahkan Dominasi Jepang

Kamis, 3 April 2014 | 13:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Bukan sembarangan KIA yang notabene bukan merek Jepang, berhasil menyingkirkan lawan-lawan Jepangnya, sehingga akhirnya meraih gelar MPV medium terbaik di OTOMOTIF AWARD 2014. Inilah kali pertama merek Korea merobek dominasi merek Jepang.

Apalagi, lawan-lawan dikelasnya bukanlah pemain amatiran, sebab sudah malang melintang dan punya nama yang kuat di pasar otomotif tanah air. Siapa yang tak kenal Toyota Kijang Innova? Atau Nissan Grand Livina? Ya, dua nama besar tersebut disingkirkan All New Carens.

Berada di segmen MPV medium, All New Carens tidak bisa sembarangan saja dihadirkan. KIA harus melengkapinya dengan senjata-senjata yang mampu membungkam para pesaing, mulai dari desainnya yang lebih berkelas, sampai fitur-fitur dan teknologi yang ditawarkan, bahkan yang tidak ada pada pesaing dikelasnya.

Fitur Flex Steering ini baru dan cuma ada di MPV All New Carens dan tidak terdapat pada Kijang Innova maupun Grand Livina. Memungkinkan pengemudi untuk memilih tiga pilihan karakter mengemudi, yakni Normal, Comfort, dan Sport.

Mode Normal menawarkan pengendaraan seperti biasanya. Sementara kalau ingin lebih santai ditengah kemacetan, silakan pilih Comfort, yang otomatis akan langsung mempengaruhi level keringanan kemudinya. Dan ketika melaju di jalan tol, pilihlah mode Sport, maka stir akan terasa lebih berat dan mobil lebih stabil.

Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup memencet tombol yang terdapat pada kemudi, tepatnya di sebelah kanan lingkar setir. 

Lampu Carens juga akan membantu penglihatan pengendara saat belok, dan kalau setir belok berapa derajat maka lampu akan menyinari ke arah samping. Fitur ini sangat membantu saat kondisi jalan sepi dan minim cahaya.

Begitu juga dengan mesin NU 2.0 MPI DOHC Dual CVVT, berkapasitas 1.999cc, dengan tenaga 154 dk dan torsinya 19.8 Kgm. Tak heran, ketika dilakukan akselerasi 0-60 km perjam, mampu mencapainya dalam 4,6 detik. 

Kendati bermesin 2.0L, saat mobil diajak jalan dengan kecepatan konstan 100 kpj di jalanan tol Jakarta-Merak, konsumsi bahan bakarnya 16,1 km per liter. Sedang dalam kota 11,1 km per liter, tergolong irit untuk mesin sebesar itu.

KIA juga sudah melengkapi All New Carens dengan Fitur ECO Mode. Pengoperasiannya menggunakan tombol ECO Mode yang terletak pada panel sebelah kanan dashboard.

Perubahan yang akan terasa ketika ECO Mode aktif, sensor pada mesin akan menahan akselarasi mobil, sehingga lebih halus dan menjadi minim hentakan. Begitupun sebaliknya ketika ECO Mode di nonaktifkan, maka tenaga akan sedikit lebih lepas. Ini terjadi pada All New Carens tipe transmisi otomatis.

Dengan semuanya itu, utamanya beberapa fitur dan teknologi yang tak dipunyai pesaing dan harga jual yang kompetitif di kelasnya, membuat All New Carens layak meraih gelar MPV medium terbaik dan menyingkirkan dominasi merek Jepang. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa