Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Prinsip Triple Zero di Pabrik Mobil Honda Jepang

billy - Senin, 18 November 2013 | 16:58 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Saitama - Bangunan yang terletak di Osata-gun, Saitama, Jepang ini mungkin lebih cocok disebut showroom ketimbang pabrik. Padahal, di sinilah 250.000 unit Honda dirakit setiap tahun. OTOMOTIFNET.COM dan beberapa jurnalis negara  Asia (18/11), menyaksikan pembuatan Honda Fit Hybrid bersama PT Honda Prospect Motors (HPM).

"Hi tech dengan tenaga robot," ungkap Tomoki Uchida, Presdir PT HPM yang ikut dalam rombongan. Pabrik yang resmi beroperasi tahun ini, punya prinsip kerja triple zero dalam proses produksinya.

Pertama, zero emisi dengan nihilnya karbon dioksida sehingga proses produksi menjadi lebih ramah lingkungan. Kedua, zero resiko dengan hampir tidak adanya tenaga manusia dalam pekerjaan yang berbahaya.


Misalnya saat pengelasan atau cat. Ketiga, zero limbah dengan adanya sistem reduce, reuse dan recycle.Melihat proses perakitan misalnya, under body ada 3 proses saat dirakit di pabrik lama Sayama. Sedang di Yorii cuma satu proses.

Bahkan pekerjaan mudah seperti pasang ban yang awalnya butuh 8 man power, bisa digantikan robot dengan 3D stereo sensing untuk menentukan hub roda serta langsung pasang dalam hitungan detik.

Yorii Plant memiliki total area mencapai 950,100 meter persegi yang terbagi dalam beberapa area, yaitu main building, stamping & welding, plastic, painting, assembling inspection dan quality building. Dalam setahun, pabrik ini mampu memproduksi 250 ribu unit dengan jumlah karyawan 2.200 orang yang melibatkan 400 vendor. (mobil.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa