Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Robot Bisa Cuci Mobil dan Sepeda Motor di IIMS

Bagja - Selasa, 24 September 2013 | 05:42 WIB
No caption
No credit
No caption




Jakarta – Ternyata, tak cuma robot Komodo hasil karya dan pengembangan anak bangsa dipertunjukkan dalam pameran otomotif terbesar Asia Tenggara, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 ke-21 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 19-29 September. Satu lagi, yakni SATO, robot pencuci mobil dan sepeda motor yang diciptakan putra Indonesia lewat PT Sato Sara Semesta di Tangerang.

Ini perangkat teknologi  pencuci mobil (Robotic car Wash)/motor (Robotic Motor Wash) temuan baru Indonesia dan untuk kedua kalinya ikut dalam pameran sekelas IIMS. "Produk kami memang sangat efisien dan praktis dari segi biaya dan waktu. Ini juga sangat membantu pemilik kendaraan yang super sibuk namun pada saat sama juga memperhatikan segi kebersihan dan perawatan mobilnya,” ujar Moeljadi, pendiri sekaligus pemilik merek dagang SATO.

Robot ini, jelas Moeljadi, kala bekerja jauh lebih cepat dari semua sistem cuci mobil dan motor saat ini, baik yang tradisional maupun hidrolik. Hanya perlu beberapa menit dengan hasil maksimal. Konsumen bisa mampir tanpa mengeluarkan banyak waktu, misalnya saat berangkat atau pulang beraktivitas.

Robotic Car Wash, misalnya, kini sudah diekspor ke negara-negara seperti Polandia, Uni Emirat Arab, Vietnam, India, Kamerun, Ghana, dan Timor Leste. Ada beberapa paket pilihan dengan harga yang terhitung lumayan. Sementara Robotic Motor Wash dibanderol kurang dari Rp40 juta dan langsung bisa mengoperasikan bisnis cuci sepeda motor di berbagai kawasan. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa