Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota, Semarak dengan Sportscar

billy - Kamis, 1 Maret 2012 | 08:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Toyota pun hadir lebih segar di tahun ini. Berbagai tipe dilempar ke pasar baik dengan penyegaran tampilan, maupun juga tipe baru yang benar-benar fresh. Meski begitu, All New Avanza yang baru saja diluncurkan, masih menjadi favorit untuk APM berlambang tiga oval di tahun ini.

Beberapa penyegaran muncul dari produk baru seperti ‘mobil murah’ dan ramah lingkungan bermesin kecil, lantas produksi massal dari prototipe FT86, yaitu Toyota 86, yang ‘reborn' dari Toyota legenda Corolla AE86 .

Tentu tak hanya itu, ada beberapa varian lagi yang tampil ‘segar' tahun ini seperti Lexus hybrid.

All New Avanza

Tunggangan 7 penumpang ini, tentu ibarat bayi yang masih merah. Baru saja diluncurkan beberapa bulan lalu. Namun, kehadirannya tetap menjadi salah satu bintang di varian yang diluncurkan Toyota pada tahun ini.

Generasi kedua dari mobil yang populasinya hampir sejuta unit di Tanah Air ini, tentu memberikan ‘penyegaran' tersendiri, dengan desain yang samasekali baru. Begitu pun interiornya dibekali dengan beberapa fitur baru, seperti sistem lipat pada bangku di baris ketiga, lantas warna interior yang lebih dinamis.

All New Avanza ini hadir dengan mesin 1.300 cc yaitu E M/T dan A/T, lantas G A/T dan M/T, G 1.500 cc M/T dan A/T serta Avanza Veloz (1.500 cc) A/T dan M/T.

Camry

No caption
No credit
No caption

Camry baru pun akan muncul di tahun ini. Melihat di beberapa tempat sudah diluncurkan tipe terbaru dari sedan ini. Untuk Indonesia, kemungkinan akan sama dengan Camry yang sudah diluncurkan di Ukraina (baca : OTOMOTIF edisi 36/XXI).

Tampilannya akan berubah terutama pada desain gril dan bumper serta lampu depan. Begitu pun di belakang yang tampak berbeda dibanding pendahulunya.

Menurut sumber dari Toyota, kemungkingan akan diluncurkan pada bulan Maret. Namun ada satu hal yang menggelitik. Seiring dengan munculnya Lexus Hybrid, serta kemunculan Camry bermesin hybrid di Thailand di tahun lalu, terbersit lah bahwa bukanlah hal yang tak mungkin, Camry bermesin hybrid ini akan muncul di Tanah Air.

Boleh jadi!

Toyota 86

No caption
No credit
No caption


Ini di sang penerus legenda Toyota 86. Di awal kemunculannya, mobil prototipe ini disebut Toyota FT86, namun setelah dibuat untuk produk massal, menjadi Toyota 86. "Toyota 86 akan diluncurkan ke pasar Tanah Air pada bulan Juni," ujar Widyawati.

Tentu, ini akan menyedot perhatian penggemar tunggangan sporty dan juga membawa sebuah legenda dari Toyota Corolla AE86 (hachi-roku : 86), yang sukses menjadi tunggangan tokoh kartun Takumi Fujiwara, pada film Initial D.

Toyota 86 ini merupakan mobil sport berpenggerak roda belakang, dengan mesin boxer, hasil kolaborasi antara Toyota dengan Subaru. Dengan kapasitas 2.000 cc, tunggangan yang di Eropa dijuluki GT-86 dan di Amerika dengan Scion FR-S ini, memiliki daya puncak 197 dk dengan torsi puncak 205 Nm.

Mesin ini merupakan yang pertama di dunia, menggunakan teknologi D4-S boxer (opposite engine). Toyota pernah menggunakan mesin boxer juga pada Toyota Publica di tahun 1962.

Lexus

No caption
No credit
No caption

Kelas premium yang juga dipayungi oleh PT Toyota Astra Motor (TAM), yaitu Lexus. Tunggangan berlambang 'L' ini akan menambah variannya di tahun ini, terutama tipe Lexus GS.

"Beberapa varian baru akan diluncurkan di tahun ini, yaitu pada tipe GS250, GS350 dan GS 450h," tutur Widyawati, GM Product Planning & Marketing TAM saat dikonfirmasi (14/2). Wah, hybrid? "Betul, Lexus hybrid akan diluncurkan tahun ini," tambahnya.

Tentu ini merupakan terobosan baru, dengan meluncurkan mobil hybrid di kelas ini. Tampaknya kesiapan akan layanan servis dan purnajual untuk tunggangan bermesin ganda ini sudah cukup matang dengan adanya peluncuran mobil hybrid dari Lexus ini.

‘Mobil Murah’



Segmen pengguna mobil kecil, menjadi sasaran Toyota tahun ini. Tetapi tidak dengan meluncurkan Toyota Etios Liva (hatchback) bermesin 1.200 cc, yang selama ini diperkirakan. Kemungkinan besar, Etios Liva baru akan diluncurkan pada 2013.

Karena, berita yang diperoleh OTOMOTIF, Toyota malah akan mengeluarkan mobil yang menganut  kebijakan Low Cost Car (LCC) yang digadangkan Pemerintah di tahun ini, tentunya bukan Etios Liva.

Kemungkinan proyek LCC Toyota ini akan berkerjasama dengan Daihatsu. Karena pabrikan mobil Toyota diakui tidak ‘jago’ membuat mobil kecil, Daihatsu lah yang jauh lebih pengalaman.

Bisa saja, penggunaan mesin berkapasitas 1.200 cc dari Daihatsu dan bodi pun merupakan hasil kerjasama keduanya. Seperti yang sudah terjadi pada Avanza-Xenia. Toh, selama ini, program kerjasama antara Toyota-Daihatsu tersebut sudah cukup berhasil, bukan?
(mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa