Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota GT-86, Ini Dia Sosok Penerus Celica

billy - Rabu, 30 November 2011 | 16:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tokyo -  Toyota mengenalkan sportscar ringan penerus keluarga Celica yang berjuluk GT-86 di ajang Tokyo Motor Show 2011 pekan ini. Ini merupakan versi produksi massal dari mobil konsep, FT-86 yang juga memiliki kembaran Subaru BRZ, serta Scion FT-II.

Nama GT-86 sendiri dipilih sebagai penghargaan terhadap jajaran mobil balap legendaris Toyota, yakni GT2000 dan GT-One, serta si bandel Corolla AE86.

Sebagai versi produksi massal GT-86 mengandalkan platform baru dengan ukuran lebih rendah pada bodyshell yang membuatnya sangat aerodinamis. Ini terlihat dari tampangnya yang elegan tapi agresif dengan style “scorpion” di gril bawah.

Spoiler melapisi bagian belakang dengan dua knalpot kembar yang membumbung keluar dengan “86” terpampang pas di tengah. Selanjutnya ada pula aplikasi pelek ukuran 17 inci multi spoke yang turut menghiasi kakinya.

Masuk ke dalam kabin yang memang dirancang lebih terfokus pada gaya sporty berbalut efek elegan. Tak heran adanya nuansa karbon, dan  warna hitam pada lapisan atap, detil jahitan warna merah pada jok dan tuas transmisi. Serta pedal berlapis alumunium.


Tak sah rasanya jika mesin yang diusung tidaklah bertenaga. Untuk itu, Toyota mengandalkan dapur pacu berkapasitas 2.000 cc berdaya 200 dk yang dikembangkan bersama Subaru. Tentunya mesin ini juga tertanam di bawah kap BRZ.

Mesin tersebut turut menyematkan teknologi D-4S yang mengandalkan injector kembar terpisah dan rasio kompresi, Hasilnya D-4S mampu memaksimalkan daya pacu serta torsinya namun tetap irit bahan bakar dan juga ramah lingkungan.

Nah, bagi yang doyan adu kebut Toyota mengandalkan GT- 86 versi G-Sport yang mampu menyembur daya hingga  300 dk. Atau setara dengan BRZ versi STi. Kedua pilihan mesin ini dipadukan dengan transmisi manual maupun otomatis dengan enam kecepatan. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa