Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Vespa LX 125 dan LX 150 ie, Bentuk Sama Performa Beda

billy - Rabu, 5 Oktober 2011 | 08:55 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Di Indonesia, PT Piaggio Indonesia membawa dua varian Vespa LX 150ie dan LX 125. Ada versi ie atau injeksi sedang yang satunya masih pakai karburator. Secara kasat mata kedua skubek Italia ini memang tak ada bedanya kecuali emblem di bodi sebelah kanan.

Selain itu perbedaan juga bisa dilihat pada panel indikator di setangnya. Pada Vespa LX 150 ie yang sudah menggunakan teknologi injeksi, punya check engine light.

Pada mesinnya tentu banyak bedanya. Kapasitas mesin yang berbeda didapat dari diameter piston yang berbeda. "Bedanya hanya pada diameter piston," jelas Rakhmat Cahyo Pratomo, Service Manager PT PI.

Vespa LX punya stroke 48,6 mm. LX 150 ie pakai piston 62,8mm, sedang LX 125 menggunakan piston 57 mm. Tapi soal tenaga, tentunya berbeda. Versi 150cc injeksin jauh lebih responsif ketimbang versi 125 berkarburator.

No caption
No credit
No caption

Kedua Vespa ini memiliki desain bodi yang sama persis. Yang menarik adalah penggunaan rangka monocoque. Jenis rangka yang terus dipertahankan sejak awal Vespa diproduksi.

Ada beberapa bagian bodi seperti bagian gembung di samping itu adalah bagian dari sasis yang terbuat dari baja. Sedang spatbor dan cover bawah bodi samping serta pijakan kakinya baru terbuat dari cover berbahan sejenis plastik.

Keunikan lain adalah soal pemilihan diameter roda. Kombinasi yang dipilih adalah lingkar 11 inci di depan, 10 inci di belakang.

No caption
No credit
No caption

Kelebihan kedua Vespa ini salah satunya adalah ruang bagasi yang lega di bawah jok. Helm open face bisa masuk loh. Selain itu konsol di bawah setang juga sudah dilengkapi dengan penutup, barang bawaan jadi lebih aman.

Untuk safety, Vespa LX juga sudah dilengkapi dengan side stand switch. Kalau standar samping belum terlipat, mesin enggak akan hidup.


Vespa juga menyediakan 6 kelir menarik. Mulai dari merah, hitam, putih, putih tulang, kuning dan biru. Aura klasik modern diperkuat dengan aksen kroom di banyak tempat seperti spion, cover sokbraker hingga list di lampu.

Di Indonesia, Vespa LX 125 karburator dijual Rp 22,9 juta dan Vespa LX 150 ie dilepas Rp 24,9 juta. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa