Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Merawat Mobil Selama Liburan, Perlukah Cabut Aki?

billy - Senin, 29 Agustus 2011 | 12:04 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - Pertanyaan ini muncul ketika ingin meninggalkan mobilnya. Dengan kekhawatiran listrik aki ‘tersedot' oleh penggunaan peranti yang menggunakan listrik, beberapa orang berpikir untuk mencabut aki selama mobilnya ditinggalkan. Apakah perlu?

Menurut Usman Adhie, Workshop Manager, Tunas Toyota Dewi Sartika, Jaktim, tak perlu dikhawatirkan kondisi tersebut. "Jika semua sistem dalam keadaan normal, hingga satu bulan ditinggalkan pun aki tidak akan tekor," ujarnya.

Sebab, jika diperhatikan, tentu saat ditinggalkan tak ada komponen atau peranti yang menggunakan listrik dalam watt yang besar. Jam di dasbor pun dalam kondisi idle alias tidak tampil, meski tetap berfungsi selama dimatikan.

Apalagi, untuk mobil-mobil modern seperti yang umumnya digunakan saat ini, tidak boleh sembarangan mencabut aki, sebab beberapa data di ECU akan di reset dan perlu penanganan sendiri untuk mengembalikannya.   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa