Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Program Diskon Dan Mudik APM, Dari Tingkatan Layanan ERSA Hingga Program Khusus

billy - Rabu, 24 Agustus 2011 | 09:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Berbagai macam cara dilakukan Agen Pemegang Merek (APM) untuk ‘melayani' pelanggannya saat mudik Lebaran. Diantaranya dengan memberi layanan khusus, fasilitas hingga strategi khusus yang memudahkan calon pembeli mobil agar bisa membawa mobil kesayangan. Namun ada juga yang memang telah menggelar program itu jauh hari sebelumnya.

Diskon 15 Persen
Seperti GM Indonesia, sebagai agen pemegang merek (APM) merek Chevrolet. Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap konsumen untuk mudik Lebaran, menggelar program Emergency Road Side Assistance (ERSA) atau Bantuan Darurat Tepi Jalan (BDTJ). Selain itu, juga menggelar program Chevrolet Siaga 24 jam yang merupakan tradisi Chevrolet dalam melakukan pelayanan terbaik bagi para pemilik mobil Chevrolet yang melakukan mudik dan balik Lebaran serta libur panjang akhir tahun.

Chevrolet juga telah menyiapkan dua Rest Point (Tenda Siaga 24 Jam) mulai 26 Agustus - 4 September 2011 di Puncak dan Cikampek (Jawa Barat). Tenda Siaga yang mengusung slogan, "Anda Berlibur, Kami Siaga", akan melayani pemilik mobil Chevrolet yang ditangani langsung teknisi handal dilengkapi dengan kendaraan Chevrolet Mobile Care pada Tenda Siaga selama 24 Jam, baik untuk perbaikan, istirahat, atau konsultasi mudik/ balik Lebaran 2011.

Sedang Bengkel Siaga 24 jam akan mulai beroperasi pada tanggal 29 Agustus - 04 September 2011 di sebanyak 23 bengkel yang tersebar di 19 kota besar di Indonesia: Pekanbaru, Medan, Lampung, Palembang, Jakarta (5 Lokasi), Bandung, Cirebon, Bogor, Bekasi, Tangerang (Serpong), Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali (Denpasar), Kalimantan Timur (Samarinda), Kalimantan Selatan (Banjarmasin) dan Sulawesi (Makasar).

"Tenda Siaga dan Bengkel Siaga 24 Jam Chevrolet yang beroperasi selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2011 adalah bagian penting dari program purnajual yang kini terus dikembangkan oleh GM Indonesia. Teknisi Chevrolet dengan kemampuan handal dan berpengalaman yang dilengkapi Chevrolet Mobil Care siap memberikan pelayanan yang terbaik selama 24 jam penuh kepada pemilik mobil Chevrolet. Terlebih letaknya yang strategis di seluruh jalur arus mudik dan arus balik Lebaran 2011," terang Service Manager GM Indonesia, Rico Lianggi.

Semantara itu, GM Indonesia telah mengembangkan program Chevrolet Siaga dengan menyebar pada 8 area berlokasi di hotel pada jalur mudik dan jalur balik yang kita beri nama Emergency Road Side Assitance (ERSA) atau Bantuan Darurat Tepi Jalan yang akan mulai beroperasi dari tanggal 26 Agustus - 4 September 2011, selain 2 bentuk pelayanan siaga (Tenda Siaga dan Bengkel Siaga) 24 Jam yang sudah kami laksanakan sejak tahun 1996. "Di dalam program Chevrolet Siaga 2011 kami memberikan pelayanan 24 jam selama periode Siaga, check gratis 10 item, konsultasi gratis dan diskon jasa sebesar 15%," tambah Rico.

No caption
No credit
No caption

Layanan kepada pemakai merek Daihatsu juga dilakukan sejak awal puasa. Terutama untuk program service dan mengganti spare part merek Daihatsu segala varian. "Kami memberi layanan diskon hingga 15 persen di awal puasa. Namun mendekati Lebaran, diskon itu kami turunnya menjadi hingga 5 persen," ujar Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Kenapa dengan cara memberi diskon lebih besar di awal ramadhan dibanding mendekati Lebaran, Amelia memiliki alasan masuk akal. Karena biasanya pemilik mobil itu suka melakukan persiapan saat-saat mendekati pulang mudik Lebaran. "Dengan program diskon yang lebih besar di awal puasa itu bertujuan agar pemilik kendaraan merek Daihatsu bisa melakukan persiapan lebih awal. Tidak tergesa-gesa dan menumpuk menjelang pulang mudik Lebaran dan liburan," tambah Amelia.

Wanita ramah ini menambahkan, ADM juga membuka program khusus berkenaan Lebaran tahun 2011. Yakni dengan mengadakan undian bagi pembeli merek Daihatsu apa saja dengan hadiah maksimal Rp 1 miliar. "Itu hadiah utamanya. Hadiah lainnya, ada Daihatsu Terios dan yang paling kecil berupa uang Rp 5 juta. Untuk pemenang bulan Juli diberikan pada Agustus. Untuk Juli lalu, pemenang hadiah utama jatuh ke Surabaya," terangnya.

Sesuka Pilihan Pembeli
PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selain membuat program khusus berupa layanan bengkel siaga di sepanjang rute mudik Lebaran tahun ini. Juga membuat program khusus untuk pembeli Nissan Grand Livina bertransmisi otomatis. "Itu program khusus dari NMI kali ini. Dan ternyata hasilnya sangat menggemberikan. Bahwa penggemar mobil dengan transmisi otomatis tidak hanya di Jabotabek, tetapi juga hingga Makassar dan Medan," ujar Teddy Irawan, Sales & Marketing Director PT NMI.

Sengaja program ini digeber karena yang lain-lain sudah biasa. Itu pun dikhususkan untuk varian Nissan Grand Livina yang harga termurahnya untuk Jabotabek senilai Rp 179 juta. Keberhasilan program khusus ini dibuktikan dengan mampu mendongrak penjualan hingga 300 unit per bulan. "Angka ini cukup bagus untuk jenis kendaraan bertransmisi otomatis," lanjut Teddy.

Bahkan Teddy melihat saat ini kendaraan bertransmisi otomatis tengah menjadi trend di masyarakat dan yakin ke depan bakal menjadi pilihan utama. Salah satu faktor pendukungnya karena jalanan macet tidak hanya di Jabotabek, tetapi juga telah merambah ke kota-kota di luar itu hingga kota besar di luar Jawa.

NMI juga menawarkan kepada calon pembeli merek Nissan, baik yang tunai maupun kredit dengan kemudahan sesuai dengan keinginan. Misalnya, untuk yang membeli mobil merek Nissan dengan cara kredit bisa dengan uang muka lebih ringan, tenor lebih lama hingga angsuran paling ringan. "Kami tawarkan kepada calon pembeli dan pemilik Nissan, pilihan sesuai keinginannya. Silakan bagaimana enaknya, karena mereka pelanggan setia Nissan," lanjutnya.

Bahkan program ini akan terus dilanjutkan setelah Lebaran usai. Karena pihaknya yakin cara ini akan menjadi trend dan yang paling digemari calon pembeli merek Nissan. "Kami sengaja memanjakan calon pembeli Nissan. Bisa memiliki Nissan sesuai kemauan dan kemampuan yang dimiliki," ungkap Teddy lagi.


PT Kramayudha Tiga Berlian (KTB) Motor memilih membuat layanan selama mudik, balik dan liburan untuk pemilik merek Mitsubishi. Khususnya untuk passenger car dari produsen kendaraan asal Jepang itu. "Seluruh kendaraan penumpang merek Mitsubishi, kami berikan diskon hingga 28 persen untuk pembelian spare partnya," ujar Jerry Amran, public relation dari PT KTB.

Spare part yang dimaksud meliputi spark plug, oil filter, fuel filter, air cleaner, timing belt, pulley timing belt, tensioner, oir seal hingga belt alternator. Sedangkan yang termasuk mobil penumpang diantaranya Pajero Sport, Strada Triton, Grandis, Lancer, T120SS serta L300.

"Kami sengaja membuka layanan bagi pemilik setia merek Mitsubishi ini tidak hanya selama mudik Lebaran. Namun juga kami perpanjang hingga liburan setelahnya," tambah Jerry. Karena itu pula program diskon spare part untuk menunjang layanan siaga sepanjang rute mudik Lebaran itu akan b erlaku dari 15 Agustus hingga 31 Oktober 2011.

Hayo, siapa mau?    (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa