Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ngabuburit Sambil Cek Cairan Mesin, Minyak Kopling

billy - Jumat, 26 Agustus 2011 | 17:02 WIB
No caption
No credit
No caption

 
Jakarta -  Kopling ada yang pakai kabel (mekanis) maupun hidraulis. Cek saja, jika dua tabung reservoir minyak di firewall, sudah pasti koplingnya hidraulis. "Cairan di tabung ini jarang berkurang. Beda sama minyak rem yang bisa berkurang karena kampasnya menipis. Kalau kopling tidak begitu. Kalau sampai kurang, berarti ada yang bocor," ulas Farid.

Cek juga injakan pedal. Kalau cairan masih normal, tetapi pedal terasa nyeplos, kemungkinan master silinder atas atau bawah ada yang sudah aus. Sehingga karetnya tidak bisa menekan minyak buat menggerakkan stut kopling.

Sementara itu, tingkat keausan kopling yang tidak bisa dideteksi dari level cairannya, bisa diketahui dengan cara lain. Biasanya, setelan pijakan pedal jadi lebih dalam ketimbang jauh sebelumnya. Itu artinya kampas sudah mau habis.

Relatif berbeda dengan yang mekanis alias pakai kabel. Tidak ada yang bisa dicek. Akan tetapi, perhatikan pijakan pada pedal. Jika mulai seret, kemungkinan kabelnya sudah kurang pelumasan. Kalau sudah begitu, mending diganti saja daripada nanti putus di jalan.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa