Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gadget Perjalanan, Utamakan Kegunaan Selain Buat Fun

billy - Kamis, 25 Agustus 2011 | 10:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Perjalanan mudik Lebaran atau hanya sekadar jalan-jalan ke lokasi wisata di luar kota, kerap kali menjenuhkan jika tak membawa aneka peranti gadget andalan. Seperti Putri, pembesut Honda All New Jazz 2009, yang tak lupa membawa serta iPod kesayangan buat teman di jalan.

Sama halnya dengan Iqbal, pemilik Toyota Kijang Innova 2006, yang mengupgrade sistem audio standar mobilnya pakai beragam perangkat in car entertainment. "Sebab multifungsi. Selain bisa untuk main game, anak saya juga sering minta diputarkan film kartun kesukaannya. Makanya saya pasang monitor head rest, yang sistemnya bisa dipisah dengan monitor head unit," papar pedagang kain ini.

Komponen Tambahan
Bisa dibayangkan kalau iPod, MP3 player, CD game atau karaoke, tidak bisa digunakan lantaran lupa membawa komponen tambahan sebagai pendukung sistem kerjanya.

Untuk itu perlu persiapan ekstra jika hendak membawa aneka gadget atau perlengkapan buat hiburan sebelum berangkat. Terpenting mesti mencermati spesifikasi head unit yang ada di mobil. Jika belum disupport konektor aux-in di panel depan, biasanya harus menarik kabel aux-in dari belakang bodi head unit pakai kabel extension. Supaya memudahkan saat akan memasang MP3 player atau flash disk.

No caption
No credit
No caption

 Pilih jenis monitor head rest yang dapat berfungsi secara terpisah dengan head unit monitor
Jika Anda penggemar iPod, jangan sampai lupa membawa kabel data. Lantaran komponen tambahan ini memang khusus difungsikan buat memutar lagu dari gadget lansiran Apple Inc itu, tanpa perlu melakukan proses isi ulang baterai.

"Selain berfungsi sebagai penghubung antara dua perangkat player yang berbeda, kabel juga berfungsi buat mencharge iPod dari head unit mobil," jelas Bagus Irianto, technical manager PT Sinarsakti Anekasarana selaku distributor resmi Kenwood Car Entertainment di Tanah Air.

Bagi Anda yang kerap pelesir ke luar kota bersama keluarga dan membawa anak-anak, peranti tambahan seperti monitor head rest dan modul game bisa dipersiapkan jauh hari.

Idealnya memang mesti membuat satu sistem yang dapat memisahkan, antara fungsi head unit dengan media player buat main game atau berkaraoke. Supaya anak-anak tetap fun selama di perjalanan, dan pastinya tidak mengganggu konsentrasi Anda saat mengemudi.


 Modul Bluetooth hands free agar bisa tetap berkomunikasi sambil mengemudi
Komponen tambahan lain yang bisa dibawa selama liburan seperti modul equalizer buat MP3 player atau iPod. Sebenarnya jika tidak menambah gadget satu ini, suara dari external player tadi tetap dapat direproduksi oleh speaker mobil. Namun kualitasnya akan jauh lebih bagus, jika didukung alat yang harganya masih terbilang mahal ini.

Pada beberapa mobil yang masih dibekali konektor aux-in model RCA, seperti Mitsubishi Pajero Sport, perlu menyiapkan kabel extension model RCA 3 mm. "Bisa dibeli di hampir semua toko elektronik dengan harga sekitar Rp 50 ribuan," ujar Ahong, instalatur Prisma Autosound di arteri Pondok Indah, Jaksel. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa