Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Mobil Ideal Hindari Jip

billy - Jumat, 19 Agustus 2011 | 07:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Jikalau Anda memang berkeras untuk melewati liburan lebaran dengan membawa mobil pribadi tetap cermati sejumlah hal agar perjalanan tetap nyaman dan aman. Berikut beberapa panduan ringan nan bermanfaat:

1. Mobil yang punya karakter kabin yang lapang adalah yang ideal untuk diajak perjalanan jauh sekaligus butuh waktu panjang. Ini tidak hanya untuk pemgemudi tapi juga penumpang.

2. Kontur kabin yang membuat posisi tubuh yang terlalu lama tertekuk membuat kondisi fisik cepat penat. Mobil jenis jip kiranya bisa dihindari untuk perjalanan jauh dan lama.

3. Hindari membawa penumpang dan barang bawaan dalam kabin yang berlebihan. Jika tidak itu sama saja menciptakan blind spot tersendiri di dalam kabin. Selain itu konsumsi bahan bakar lebih boros.

4. Rencanakan dengan matang rute perjalanan Anda. Bagi pengemudi, hindari mengemudi terus menerus sampai lebih dari 10 jam tanpa waktu istirahat yang cukup. Lebih baik manfaatkan waktu istirahat tiap 2 jam agar konsenterasi pulih.

5. Jika ada pengemudi pengganti hendaknya ia tidak duduk di sebelah pengemudi sebelumnya. Ini agar yang bersangkutan punya waktu istirahat yang cukup.


 Blind spot bisa muncul dari dalam maupun luar kabin
6. Hindari makan kudapan sambil mengemudi karena bisa mengganggu konsenterasi. Mengisi perut secara berlebihan justru rentan munculkan rasa kantuk.

7. Jangan aktifkan lampu tambahan di luar lampu standar secara terus menerus. Matikan lampu tambahan itu saat penerangan jalan dianggap memadai.

8. Selain kondisi ban, suspensi juga tak boleh terabaikan. Pantulan suspensi akan banyak membantu juga untuk mengontrol manuver mobil, terutama saat melintasi jalan yang bergelombang atau rusak.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa