Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seting Persiapan Mudik, Sesuaikan Jenis Bensin dan Mesin

billy - Senin, 22 Agustus 2011 | 11:11 WIB
No caption
No credit
No caption


 Pakai peningkat oktan dan bensin oktan tinggi
Selain motor keadaan standar, tak jarang juga pengendara mudik dengan motor yang sudah alami ubahan di engine. Misalnya, mesin motor dinaikkan kompresinya demi mengejar akselerasi lebih cepat. Padahal, itu bisa berbahaya juga, lho. Maksudnya, berbahaya terhadap daya tahan mesin.

Kompresi yang tinggi, tentu butuh bahan bakar dengan angka oktan yang juga tinggi. Misalnya, jika kompresi sudah mencalai 10,5 : 1. Setidaknya, disarankan buat memakai bensin beroktan 95 atau lebih.

"Jika dikasih bensin kurang dari angka oktan 95 atau Premium, bisa bikin mesin ngelitik. Kelamaan bisa bikin jebol mesin atau pecah piston,” urai Hendro dari HDR M-Tech di Kampung Bojong, Gunung Putri, Citerup, Jawa Barat.

Apalagi belum semua daerah yang SPBU-nya tersedia bensin oktan tinggi. Mengakalinya, bisa pakai cairan peningkat oktan yang dijual di pasar. Memilihnya, cari produk yang punya kualitas baik. Atau, setingan karbu dibuat lebih boros   (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa