Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seting Persiapan Mudik, Jangan Lupa Setel Rantai Dan Gir

billy - Jumat, 19 Agustus 2011 | 14:42 WIB
No caption
No credit
No caption


 Cek kelurusan ban lewat setelan rantai di arm
Proses stop and go yang bakal dihadapi, rasanya bagai siksaan bagi rantai dan gir. Untuk itu, kerengganan rantai harus dipantau dengan baik. Setidaknya untuk tipe motor bebek, toleransi kerengangan rantai sekitar 20 – 30 mm.

Cara mengeceknya, bisa dengan menekan rantai yang bagian bawah ke atas (mendekati lengan ayun). Jika terbukti memang sudah mulur jauh, kencangkan lagi. Toh ketika rantai kendur, ketika dipakai awal berjalan serasa agak menyentak-nyentak. Bisa bikin kagok handling tuh!

Setelah mengencangkan sesuai anjuran pabrikan, pastikan juga kelurusan ban. Kelurusan ban itu bisa dipantau dari garis-garis setelan rantai di swing arm. Buat motor yang sudah aplikasi pelek dan ban lebar, cek juga kondisi gir.

"Terutama di Honda Tiger. Pastikan klip pengencang gir melekat sempurna,” timpal Evnu Prasnowo dari Thole Motor di Jl Serdang Baru no 7 Jakarta Pusat. Sebab, beban yang diterima gir dan rantai juga makin besar seiring penggantian ban.  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa