Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hyundai i20 CRDi, Satu-Satunya Citycar Bermesin Diesel!

billy - Rabu, 26 Januari 2011 | 09:17 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Mobil bermesin diesel sekarang sudah berbenah. Jadi jangan lagi terus membayangkan model seperti Daihatsu Taft atau Isuzu Panther yang konvensional. Tapi coba lihat yang ditawarkan Hyundai dengan i20 CRDi, satu-satunya citycar bermesin diesel!

Karenanya, wujud hatchback yang modis tapi dengan mesin diesel dibalik kap mesinnya tentu menimbulkan rasa penasaran kan? Makanya, ayo kita coba!


Desain

Coba sebutkan desain-desain mobil-mobil sejenis yang bermesin bensin seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, juga Mazda 2, apakah Hyundai i20 kalah modis? Ya! tidak, hatchback Korea ini dijamin tidak akan memalukan secara desain.

Begitu juga ketika masuk kedalam kabinnya, nuansa sporti begitu agresif ditampilkan Hyundai i20. Sistem audio serta AC yang menyatu dengan dashboard dengan aksen silver, serta Multi Information Display menjadi daya tarik nuansa kabin Hyundai i20.


Fitur dan Teknologi

Fitur paling berguna yang ditawarkan Hyundai i20 tentunya Multi Information Display pada bagian tengah dashboard. Selain itu, pengaturan audio juga bisa dilakukan melalui stir. Begitu juga dengan sektor keamanannya lumayan dengan adanya ABS, EBD juga tentunya dual airbags.
No caption
No credit
No caption


Handling

Dengan dimensinya yang kompak, jelas membuat Hyundai i20 jadi lebih gesit dijalan raya yang padat. Tidak ada kendala berarti ketika harus membelah kemacetan Jakarta.

Begitu juga saat gas pol di jalan bebas hambatan, tidak ada gejala limbung. Suspensinya cukup untuk dibawa pelan pada jalan tidak rata, maupun digeber kencang pada jalan bergelombang sekalipun.

Bahkan, saat sesi testdrive yang diadakan PT Hyundai Mobil Indonesia, hatchback i20 ini leluasa melibas lintasan pasir gunung Bromo!


Performa

Hyundai membekali i20 CRDi dengan mesin CRDi, 4 silinder 16 katup, dilengkapi dengan turbocharger dan mampu menghasilkan tenaga hingga 90 PS di 4.000 rpm. Torsinya flat, 22,5 kg-m dari 1.750 rpm hingga 2.750 rpm.

Di jalanan macet, Hyundai i20 bermesin diesel terbukti lebih responsif ketimbang versi bensinnya. Tak perlu injak gas terlalu dalam, mobil mungil ini sudah langsung lompat.

Transmisi manualnya tak perlu pindah gigi diputaran mesin terlalu tinggi. Pindah gigi di 3.000 rpm pun tenaganya sama sekali tak terasa ngedrop meski putaran mesinnya turun sekitar 500 rpm setiap pindah gigi.

Karakter yang langsung responsif sejak putaran mesin rendah pasti ada hubungannya dengan konsumsi bahan bakar, yang pasti akan lebih irit bila dibandingkan dengan mesin bensin.

Akselerasi Hyundai i20 Diesel:
0-100 km/jam : 10,8 detik
40-80 km/jam : 5,1 detik
0-402 m          : 17,8 detik


Konsumsi Bahan Bakar

Konsumsi bahan bakar (liter/km) Hyundai i20 Diesel hasil pengetesan OTOMOTIFNET.com lumayan irit kok. 1 liter solar bisa untuk menempuh jarak 13 km didalam kota, dan 21 km ketika dipacu konstan 100 km/jam. Sementara kombinasi keduanya, 1 liter solar bisa untuk jarak 16 km.

Konsumsi bahan bakar Hyundai i20 CRDi:
Dalam kota                : 1/13 (liter/km)
Konstan 100 km/jam : 1/21 (liter/km)
Kombinasi                  : 1/16 (liter/km)


Harga dan Pesaing

PT Hyundai Mobil Indonesia membanderol harga Hyundai i20 CRDi lebih mahal dari tipe mesin bensinnya, yakni seharga Rp 197,750,000 On The Road. Denga rentang harga tersebut, Hyundai i20 CRDi ini percaya diri dengan usungan mesin dieselnya untuk melawan hatchback merek lain yang bermesin bensin, seperti Toyota Yaris, juga Honda Jazz dan Mazda 2.


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa