Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Drive Ford Focus TDCI S A/T, Kencang juga Irit!

billy - Rabu, 19 Januari 2011 | 14:17 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Sebelumnya kan sudah dibahas Ford Focus versi mesin bensin. Nah, di tematis mobil diesel 2011 ini, mari kita kupas Ford Focus TDCI bermesin diesel! Konon performanya jauh lebih agresif dibanding dengan versi bensinnya. Enggak percaya?

Memang, bahan bakarnya solar yang identik dengan asap hitam angkutan kota. Tapi sebaiknya jangan remehkan mesin diesel sebelum anda mencoba Ford Focus TDCI S A/T ini. Simak ulasannya!

Desain, Jantan Ala Amerika

Ford sepertinya tidak perlu mendandani Ford Focus agar terlihat sporti. Tampilannya memang jauh dari sporti, tapi penambahan sedikit bodi kit pada tipe TDCI S A/T ini membuat tampangnya lebih Jantan.

Ruang kabinnya terlihat sangat atraktif. Selain banyak terdapat panel instrumen yang futuristik, sentuhan aksen alumunium pada stir, tuas transmisi dan trim, membuat tampilan kabinnya sporti sekaligus elegan.

No caption
No credit
No caption

Fitur dan Kenyamanan, Lengkap!

Apa yang kurang dari fitur yang ditawarkan Ford pada Focus diesel tipe S ini? Lengkap! Mulai dari sisi kenyamanan seperti rain-sensing wiper, auto-dimming rear view mirror dan auto on/off headlamps.

Pengaturan kursi pengemudi dan penumpang depan juga sudah elektrik. Focus juga sudah dibekali pengaturan AC Auto dual zone, serta Audio dan Multi Information Display yang lengkap. Intelligent Protection System, ABS, juga EBD pun sudah menjadi piranti wajib yang tertanam pada Focus TDCI tipe S ini.

Ford Focus juga menawarkan sensasi pengendaraan khas mobil Rally yang sporti. Terasa dari posisi duduk pada joknya yang ergonomis, pandangan kedepan yang luas, dan semua panel instrumen yang mudah terjangkau.

Ruang kabinnya terbilang cukup kedap apalagi dipadu dengan dentuman sistem audio dari 6 speaker-nya sangat menghibur. Bahkan dari dalam kabin, Anda tidak akan merasa kalau ini adalah sebuah mobil bermesin diesel.

Meski memang, dari luar mesin dieselnya terdengar kasar, lebih kasar dibandingkan mesin diesel Ford Everest sekalipun.

Handling, Tajam dan Presisi

Keuntungan dari Ford Focus yang sudah malang melintang di dunia rally, salah satunya adalah handlingnya yang sangat tajam dan presisi. Mobil seolah menuruti kemauan pengemudi, diajak apa saja nurut!

Suspensinya pun diracik dengan sangat apik oleh Ford. Rasakan saja, meskipun lembut saat berjalan pelan, tapi tidak ada sedikit pun gejala limbung saat mobil dikebut pada kecepatan ekstrim.

Menikung dikecepatan tinggi, atau berpindah jalur secara spontan di jalan tol, semuanya dengan mudah diladeni Ford Focus TDCI ini.

No caption
No credit
No caption

Performa, Jangan Remehkan Mesin Diesel!

Judul diatas sepertinya tidak berlebihan. Apalagi ketika disodorkan padanan mesin commonrail injection Duratorq TDCi turbodiesel berkapasitas 2.0 liter, berpadu apik dengan transmisi Powershift 6-speed yang sudah mengusung teknologi dual clucth.

Wah, sekali injak gas, tenaga terus mengisi mulai dari putaran mesin 1.500 rpm, dengan perpindahan gigi yang hampir tidak terasa berkat aplikasi kopling ganda-nya. Perpindahan gigi terasa sangat cepat!

Masih penasaran, OTOMOTIFNET.com menjajal posisi transmisi di S, maka secara spontan karakter mesin langsung berubah jadi lebih agresif. Perpindahan gigi yang tadinya terjadi di tiap 2.500 RPM, naik menjadi tiap 3.000 RPM.

Hasilnya, Focus Diesel seperti enggan diajak berjalan pelan. Karenanya, di jalan bebas hambatan, begitu menginjak pedal gas, sebentar saja jarum speedometer sudah menunjuk angka 120 km/jam, dan tidak perlu waktu yang lama juga untuk mencapai 180 km/jam.

Konsumsi BBM, Irit Cuy!

Nah meskipun menyimpan performa gahar khas mobil Rally, tapi inovasi yang dilakukan Ford terhadap Focus TDCI lumayan signifikan, apalagi disaat harga BBM terus naik.

Asiknya lagi, kalau kesulitasn mencari Pertadex, Ford Focus TDCI ini masih manggut-manggut juga kok kalau diminumi bio solar seharga Rp 4.500 per liter.

Hasil pengetesan OTOMOTIFNET.com, saat menghadapi kondisi lalu lintas macet padat merayap, Ford Focus TDCI sanggup menempuh jarak 9,3 km untuk 1 liter solar.

Sementara ketika kondisi lalu lintas dalam kota normal, 1 liter solar sanggup untuk mengajak Ford Focus TDCI menempuh jarak sejauh 14,7 km. Dan rute luar kota 1 liter solarnya bisa menempuh jarak 17,6 km. Lumayan hemat kan! jauh lebih hemat ketimbang versi Ford Focus versi bensin.


Harga dan Pesaing

Sayangnya, saat ini mobil bermesin diesel masih dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal daripada mesin bensin sejenis. Ford MOtor Indonesia membanderol Ford Focus TDCI S A/T ini seharga Rp 342.200.000 on the road Jakarta.

Tidak banyak pesaing secara langsung pada hatchback bermesin diesel andalan Ford ini. Kalaupun ada yang mesinnya sejenis, datang dari Korea dengan Hyundai i20 CRDI bermesin diesel 1.4 liter, itupun kapasitas mesin dan performanya kalah jauh dibanding Focus TDCI.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa